Pantai Sepanjang | Wisata Pantai Gunung Kidul

Posted on

Wisata Pantai Gunung Kidul – Jika anda ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta jaman dulu, Pantai Sepanjang sanggup menjadi pilihan yang sempurna untuk anda. Sepanjang mempunyai garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih yang kealamiannya masih terjaga. Selain itu, ombak di Pantai Sepanjang ini tidak terlalu besar sehingga menambah keindahan panoramanya. Ada banyak acara yang sanggup anda lakukan di pantai ini, mulai dari berjemur di bawah terik matahari, bermain papan selancar, atau hanya menyusuri bibir pantai sambil menikmati keindahannya. Semuanya sanggup anda nikmati di Pantai yang jaraknya beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini. Pantai Sepanjang yaitu salah satu pantai yang belum usang dibuka.

Sejarah Pantai Sepanjang Wonosari Gunung Kidul

Nama Sepanjang dipilih untuk Wisata Pantai Gunung Kidul ini alasannya yaitu garis pantainya dinilai paling panjang bila dibandingkan dengan semua pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana yang ditawarkan di pantai ini sangatlah alami sehingga wisatawan sanggup menghabiskan waktu berlama-lama di sini. Di bibir pantai terdapat tumbuhan palem serta gubug-gubug yang mempunyai atap berupa daun kering. Selain itu, karang-karang yang terdapat di pantai ini masih sangat terawat sehingga lezat untuk dilihat. Tidak hingga di sana, ombak yang ada di pantai ini bisa memantulkan warna biru yang menawarkan kesan bahwa air lautnya masih higienis sekali. Dengan suasana menyerupai inilah, tidak salah bila pemerintah kawasan dan investor mempunyai rencana untuk mengakibatkan Wisata Pantai Gunung Kidul ini sebagai Pantai Kuta kedua. Bahkan, suasana yang masih alami di Pantai Sepanjang ini menjadikannya lebih dari Pantai Kuta.

Minimnya Fasilitas Wisata Pantai Gunung Kidul di Pantai Sepanjang

Perlu anda ketahui bahwa di Wisata Pantai Gunung Kidul khususnya di Pantai Sepanjang ini anda tidak akan menemukan cottage glamor ataupun akomodasi glamor alasannya yaitu yang dihadirkan di sini yaitu kedekatan dengan alam. Hal ini bisa dibuktikan dengan menggeledah karang-karang yang ada untuk menemukan aneka macam jenis biota bahari dengan bentuk yang unik dan indah. Anda juga bisa menemukan limpet di bebatuan yang terdapat di sekitar pantai. Kebudayaan dari masyarakat Pantai ini juga masih begitu kental. Tidak ada bangunan permanen yang didirikan di pinggir pantai, hanya ada sejumlah gubug yang ditempati oleh masyarakat setempat. Di pinggir pantai juga bisa ditemukan ladang-ladang yang dimanfaatkan penduduk untuk menanam kedelai. Pantai yang landai serta pribadi diterjang ombak juga menjadi alasan mengapa tidak ada penduduk yang melaut. Jika anda melihat ke potongan belakang, maka anda akan menemukan dua buah bukti yang potongan lerengnya dimanfaatkan penduduk untuk menanam jagung. Sementara, tanah yang berada di puncak bukti sudah dibeli oleh investor untuk membangun villa yang diperlukan sanggup dijadikan tempat penginapan untuk wisatawan yang berkunjung di Wisata Pantai Gunung Kidul.

Situs Sejarah Wisata Pantai Gunung Kidul Untuk Para Wali

Sepanjang sendiri mempunyai situs sejarah, yaitu Banyusepuh. “Banyu” yaitu air dan “sepuh” yang artinya cuci atau membasuh. Sesuai nama tersebut, tempat yang tadinya yaitu mata air itu kerapkali dipakai untuk membasuh maupun memandikan. Konon, penggunanya yaitu para wali yang menggunakannya untuk membasuh pusaka. Akan tetapi, ketika ini situs ini hanya tinggal sebuah kubangan kering yang tidak terawat yang ditumbuhi oleh tanaman-tanaman liar.  Jika anda sudah capek berkeliling, anda bisa beristirahat sambil membeli masakan atau minuman yang dijual di gubug-gubung yang berada di sekitar pantai. Selain itu, terdapat juga lincak (tempat duduk yang terbuat dari bambu) untuk sekedar melepaskan penat, lapar ataupun dahaga. Saat senja, cobalah menengok ke arah barat untuk melihat sunset. Walau ketika ini masih belum terdapat villa, tapi penduduk setempat memperbolehkan pengunjung yang ingin menginap di kediaman mereka.

Buah Tangan yang Murah Wisata Pantai Gunung Kidul di Pantai Sepanjang

Jika anda ingin membeli buah tangan, anda tidak perlu khawatir. Beberapa penduduk yang bertempat beberapa kilometer dari pantai menjual kerajinan tangan dengan materi dasar cangkang kerang-kerangan yang nantinya dipasarkan oleh para penduduk di sekitar pantai. Kerajinan yang dibentuk cukup bervariasi, mulai dari bentuk orang-orangan, kereta kencana, jepitan, barong, dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok terbilang murah. Walaupun murah, bukan berarti kualitasnya rendah.

Sangat menarik sekali bukan berwisata di Pantai Sepanjang? Jadi, tunggu apalagi? Akses jalannya pun gampang alasannya yaitu anda bisa memakai motor atau kendaraan beroda empat untuk bisa ke tempat ini. Walaupun medannya naik turun atau jalannya bebatuan, sesampainya tempat Wisata Pantai Gunung Kidul ini akan terbayarkan alasannya yaitu panorama yang ditawarkan begitu indah.

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.