Yuk Tiba Ke Pameran Batik Pekalongan, Banyak Acara Menarik!

Posted on


JakartaFestival Batik Pekalongan 2017 telah digelar semenjak Rabu (4/10/2017). Acara ini akan berlangsung hingga Minggu (8/10/2017) di kawasan wisata Budaya Jetayu. pemkot (Pemkot) Pekalongan turut serta memeriahkan program ini. Sebab, sesuai kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, segala program yang bekerjasama pariwisata harus diperhatikan dengan saksama.

“Bahwa setiap event yang dibentuk harus mem-budget-kan promosi melalui media. Jangan hingga menciptakan event sendiri, ditonton sendiri, dinikmati sendiri, dan tidak dipublikasikan luas melalui media,” kata Arief Yahya.

Maka media juga harus melaksanakan persuasi semoga orang tiba ke program tersebut. Bahkan, Arief merumuskan bahwa event itu 50 persen biayanya harus dipakai untuk publishing dengan prinsip convergent media.

Salah satu yang dilakukan Pekalongan yaitu dengan menggelar acara Family Session Trip atau Famtrip pada Kamis (5/10). Tujuannya semoga orang dapat menceritakan kehebohan program tersebut melalui media umum dan komunitas.

Selain itu, Pemkot Pekalongan juga menggelar Festival Kampung Wisata Kuliner. Terkait Famtrip, Badan Promosi Pariwisata Kota Pekalongan (BP2KP) mengundang 30 travel agent di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Ketua BP2KP Cucut Suranto menjelaskan Famtrip dihelat dalam bentuk one day trip mulai pagi hingga malam.

“Perwakilan travel agent dari banyak sekali daerah ini kami undang. Lalu ada trip ke Kampung Batik Pesindon, Kampung Batik Kauman, Pasar Grosir Setono, maupun Museum Batik,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan santap malam bersama di Wisata Bahari Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP).

Kegiatan ini diikuti 30 travel agent, 10 general manager hotel berbintang, Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI), komunitas blogger, dan komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI). GenPI merupakan media umum yang didukung Kemenpar untuk memviralkan setiap event dan destinasi wisata nasional.

Ia berharap pertemuan ini menghasilkan masukan yang faktual untuk kemajuan pariwisata Kota Pekalongan dan sekitarnya. Misalnya, ke depannya, travel agent menyediakan paket perjalanan wisata ke Kota Pekalongan. Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan ke daerah tetangga menyerupai Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan. Semuanya harus dipromosikan dengan banyak sekali akses media.

“Harapannya dengan adanya pertemuan tersebut, pada 2018 mereka (travel agent) mengeluarkan produk semacam paket wisata berupa one day tour di Kota Pekalongan. Ini ditawarkan di daerah masing-masing travel agent tersebut. Bisa juga paket wisata di Pekalongan Raya selama satu hari satu malam, dua hari, maupun lebih,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Sri Ruminingsih menyampaikan Pekan Batik Pekalongan diikuti penerima dari kota/kabupaten di Jateng dan provinsi lain di Indonesia.

“Ada beberapa kegiatan, baik bertaraf nasional maupun lokal. Selain itu, kami sebagai tuan rumah menampilkan Festival Kampung Wisata Kuliner, lomba kreasi batik tulis dan cap raksasa, serta gelar seni,” kata Sri.

Ia menjelaskan Pemkot Pekalongan juga menghelat karnaval batik yang diikuti oleh 104 peserta.

“Pada acara karnaval atau arak-arakan batik, kami mencari pemenang dari enam kategori dengan hadiah mencapai Rp 31 juta,” ujarnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.