Yuk Berlibur Ke Desa Wisata Ngringinan, Banyak Acara Menarik

Posted on


BantulJika Anda punya rencana berlibur ke Yogyakarta, mampirlah ke Bantul. Di kawasan ini Anda sanggup menginap di desa wisata yang sanggup memperlihatkan pengalaman wisata menarik.

Dengan menginap di Desa Wisata Ngringinan, Anda sanggup menjelajahi Bantul dari sisi yang berbeda. Anda akan diajak menelusuri jejak Bantul di masa penjajahan Belanda.

Ada Museum Bantul Masa Belanda yang menyimpan banyak benda, foto, dan film dokumenter wacana beberapa peninggalan Belanda di simpulan tahun 1800-an dan di awal tahun 1900-an di Bantul dan sekitarnya.

Anda juga sanggup menelusuri masa saat Bantul dan Palbapang pernah menjadi sentra kota dan perekonomian. Ada foto yang menggambarkan Stasiun Kereta Palbapang di masa lampau yang menjadi sentra pertemuan kereta dari barat (Pabrik Gula Sewugalur), selatan (Pabrik Gula Gondanglipuro Ganjuran-Dawetan- Pabrik Gula Pundong), dan ke utara (Stasiun Bantul – Stasiun Tugu Jogjakarta).

Bahkan Anda sanggup menyaksikan film wacana Pabrik Gula Gondanglipuro Ganjuran yang sangat terkenal. Film ini menampilkan suasana pabrik, suasana perkebunan tebu, dan suasana pedesaan tempo dulu.

Bagi Anda yang gemar sejarah, ada juga koleksi foto pelantikan Candi Ganjuran, pelantikan Gereja Ganjuran yang merupakan jejak Kristen Belanda pada tahun 1924, sampai koleksi benda peninggalan zaman kolonial menyerupai mata uang, surat, sampai pakaian.

Bagi yang suka kuliner, wisatawan sanggup melihat proses pembuatan kuliner buah tangan khas Bantul, madumongso di museum ini. Proses pembuatan diawali dengan pembuatan tape ketan sebagai materi utama kuliner ini.

“Wisatawan sanggup ikut mencicipi sensasi mengaduk campuran tape, enten-enten, santan, dan gula jawa di atas tungku api yang apinya harus selalu terjaga,” ujar Ketua Pengelola Desa Wisata Ngringinan, Windu Kuntoro.

Anda juga sanggup melihat pembuatan perjuangan rumahan lainnya, menyerupai menciptakan tempe, emping melinjo, dan gula kerikil atau gula Jawa.

“Sedangkan pembuatan gula kerikil ini dilakukan secara manual dengan memasak gula pasir rafinasi dan sesudah melalui proses pendinginan selama lima hari, bongkahan gula kerikil akan terbentuk dan akan dibentuk kecil-kecil sesuai pesanan di pasaran,” paparnya.

Tak hanya kaya akan warisan kulinernya, Desa Wisata Ngringinan juga kaya akan produk kerajinannya, yakni patung kayu dan fiber sampai kerajinan mancung kelapa.

Mancung kelapa merupakan kerajinan yang dibentuk dari pelepah bunga kelapa yang sudah kering dan berwarna cokelat kehitaman. Mancung ini dibentuk menjadi aneka kerajinan yang unik menyerupai kapal, rumah, asbak, atau tempat buah.

“Wisatawan sanggup mencoba membuatnya sebab sangat gampang dan menarik, teladan akan disiapkan dan wisatawan akan mencoba memotong dan menggabungkan pola-pola itu dan dengan proteksi perekat aneka kerajinan sanggup dibentuk wisatawan,” kata Windu.

Ada juga acara pande besi, kerajinan yang memakai besi sebagai materi baku untuk menciptakan banyak sekali alat dari besi baik untuk pertanian maupun kehidupan sehari-hari. Pande besi di desa ini menciptakan alat-alat menyerupai cangkul, klenyem, sabit, cengkrong, labung/gobang, linggis, pedang, sampai samurai.

Di desa wisata ini juga ada perkumpulan ketoprak dan jathilan. Lalu terdapat banyak sekali pekan raya rakyat menyerupai higienis desa, majemukan, dan nyadran.

Untuk keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi, Desa Wisata Ngringinan didominasi lahan persawahan yang asri dan indah.

“Atau saat suasana sedang kemarau di mana pertanian palawija sedang berlangsung, wisatawan sanggup mencoba menanam biji jagung atau kedelai dengan alat tanam dari kayu yang dinamakan ceblok dan memanen jagung atau kedelai saat demam isu petik berlangsung,” paparnya.

Jika Anda tertarik untuk berlibur di Desa Wisata Ngringinan, ada paket wisata yang menarik. Mulai paket Rp 85 ribu/orang sampai paket Rp 300 ribu/orang.

Untuk paket Rp 85 ribu orang akan menerima akomodasi dan acara sepeda keliling desa, welcome drink (teh, klepon, kacang rebus, dan kelapa muda), pertunjukan Gejog Lesung, kunjungan ke Museum Bantul Masa Belanda, ke industri rumahan madumongso, pembuatan emping/tempe, dan mengunjungi Gereja dan Candi Ganjuran.

Jika ditambah dengan acara pertanian menyerupai membajak sawah dengan garu yang ditarik kerbau/sapi, menanam padi, menanam jagung, memanen padi/jagung, harganya menjadi Rp 185 ribu/orang. Jika ditambah acara membatik kain/topeng menjadi Rp 150 ribu/orang.

Akses menuju Desa Wisata Ngringinan pun sangat mudah. Desa wisata ini terletak di Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Secara geografis terletak di pinggir jalur jalan raya Yogyakarta – Pantai Samas, tepatnya 15 km arah selatan kota Yogyakarta.

Untuk mencapai Desa Wisata Ngringinan, Anda sanggup memakai bus antarkota dari Terminal Giwangan jurusan Samas. Ongkosnya hanya Rp 5.000. Namun keterbatasan jumlah bus akan menciptakan perjalanan terasa lama.

Ada 30 homestay yang tersedia di Desa Wisata Ngringinan. “Homestay ini sebagai potongan pelayanan kami untuk menyediakan tempat beristirahat yang nyaman dan representatif sekaligus tempat berinteraksi dengan warga masyarakat sekitar sehingga wisatawan sanggup mencicipi suasana hidup di pedesaan yang sesungguhnya,” ucap Windu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya terus membangun dan memperbaiki banyak akomodasi di homestay desa wisata demi mendatangkan banyak wisatawan ke Indonesia.

“Adat istiadat, budaya, tradisi dan kebiasaan kita yaitu atraksi yang menarik buat wisman. Munculkan kekuatan budaya itu untuk menarik wisman ke Tanah Air, ke desa wisata dan homestay-nya,” ujar Arief di Jakarta.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.