Wonderful Indonesia Unjuk Gigi Di Pekan Raya Pariwisata Malaysia

Posted on

Booth Wonderful Indonesia di MITM Penang 2017 (Foto: dok. Kemenpar)

PenangIndonesia memang ahli dalam urusan promosi pariwisata ke masyarakat luas. Kekayaan alam yang indah dan budaya yang memukau menciptakan masyarakat Indonesia selalu memamerkan pariwisatanya ke dunia. Tak terkecuali dikala di program Malaysia International Travel Mart (MITM), Penang, Malaysia.

Konsulat Jenderal (Konjen) RI Iwanshah Wibisono mempromosikan Wonderful Indonesia, Minggu (9/2017).

“Silakan berwisata ke Indonesia. Anda dapat melihat kapal pinisi orisinil yang sudah menjelajahi lima benua. Bisa mendapat experience baru, culture, masakan dan destinasi kelas dunia,” ungkapnya pada pengunjung yang tiba ke booth Wonderful Indonesia.

Nyali Iwanshah tak ciut ketika melihat booth Wonderful Indonesia dikelilingi oleh booth pariwisata negara lain ibarat Jepang, Malaysia, Thailand, Australia, Hongkong, Taiwan, dan Korea. Ia justru makin semangat mengenalkan banyak sekali destinasi wisata ke pengunjung. Mulai dari Bali, Lombok, Batam, Joglosemar, Danau Toba, sampai Bandung.

Ia menambahkan, wisatawan dapat mendapat pengalaman yang unik. Misalnya menjelajahi destinasi sambil menikmati masakan lokal. Bisa juga menikmati suasana pagi diiringi gamelan. Atau menikmati jajanan di pasar lokal. Wisatawan dapat pribadi membuka situs triponyu.com untuk melihat ragam jenis wisata yang ada.

Untuk potensi baharinya, ada Raja Ampat di Papua yang mendapat predikat best snorkeling site terbaik dunia 2015 versi CNN. Lalu ada Labuan Bajo yang emnjadi Runner up best snorkeling site terbaik dunia 2015 versi CNN. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menajajal Bunaken-Lembeh Sulut, Derawan Kaltim-Kaltara, Anambas, Natuna, sampai Banda-Ambon.

“Surganya dunia itu ada di Indonesia. Nature-nya selalu ada di top 20 dunia, culture-nya oke, kulinernya lezat-lezat, masyarakatnya ramah, harganya pun sangat murah. Di mana lagi dapat berwisata dengan mendapat itu semua?” katanya.

Strategi mempromosikan Wonderful Indonesia di Penang dinilai sangat sempurna alasannya sempurna sasaran. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sekarang tengah fokus membidik pasar turis China.

Data Penang Institute pada 2015 menyebutkan, jumlah penduduk Pulau Penang mencapai 1,69 juta jiwa dengan komposisi Melayu (41,6%), China (40,5%), India (9,6%), dan warga non-Malaysia (8%). Penang merupakan the third most urbanized state di Malaysia sehabis Kuala Lumpur dan Selangor dengan dominasi etnis Melayu dan China.

Sementara itu, data Penang Institute pada 2014 sampai 2015 menunjukkan sumbangsih Penang terhadap pertumbuhan ekonomi Malaysia menembus 6,4%. Persentase terbesar tiba dari medical tourism dan properti.

“Khusus Penang, potensinya masih terbuka luas. Kita masih dapat menjual perjalanan wisata ke Bali dan Yogyakarta alasannya di sini dominan penduduknya sangat suka berwisata laut dan heritage. Kalau semua bergerak cepat dari semua lini, semua niscaya akan menunjukkan progres yang bagus,” paparnya.

Chairman Malaysian Chinese Tourism Association (MCTA) Andy Chuah mengungkapkan, Indonesia merupakan negara yang sangat indah dan menjadi destinasi wisata yang sangat pas untuk dikunjungi warga Penang.

“Wonderful Indonesia yaitu preferred destination. Destinasinya banyak yang indah. Terima kasih sudah ikut berpartisipasi di MITM,” ucapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya turut bangga melihat semangat yang diperlihatkan Konjen RI di Penang dan Chairman MCTA.

“Rupanya tak hanya orang Indonesia saja yang mengibarkan spirit Indonesia Incorporated. Tokoh penting di Penang, Malaysia juga ikutan kompak mempromosikan Wonderful Indonesia. Terima kasih Pak Konjen. Terima kasih juga Chairman MCTA. Salam Wonderful Indonesia,” ujarnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.