Wisata Unggulan Karimunjawa Telah Dialiri Listrik 24 Jam Penuh

Posted on


JakartaPotensi daerah wisata Karimunjawa sekarang terus ditingkatkan dengan menambahkan fasilitas-fasilitas pendukung. Setelah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menambah kapasitas dermaga, giliran pasokan listrik di Karimunjawa yang ditambah. Kini listrik di Karimunjawa telah menyala selama 24 jam penuh.

Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah & D.I Yogyakarta, Hardian Sakti Laksana mengatakan, pasokan listrik 24 jam di Karimunjawa merupakan penggalan dari kesepakatan PLN dalam mendorong industri pariwisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sana.

Sistem kelistrikan di Karimunjawa ditopang oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Legon Bajak yang beroperasi semenjak Mei 2016. Pembangkit tersebut mempunyai kapasitas daya bisa sampai 2 x 2.200 kW dengan beban puncak yang masih relatif kecil sebesar 612 kW.

“Hingga Maret 2017, pelanggan PLN di Karimunjawa mencapai 1.855 pelanggan rumah tangga dan 86 pelanggan bisnis. Sedangkan total daya tersambung sebesar 3.279 kVA dengan panjang jaringan listrik mencapai 45 km,” terperinci Sakti.

Sebanyak dua pulau di Karimunjawa telah teraliri listrik normal dari total lima pulau yang berpenghuni. Pertumbuhan penjualan tenaga listrik di Karimunjawa naik sampai 9% atau melebihi rata-rata kelistrikan nasional sebesar 6,5% sesudah diserahterimakannya pengoperasian sistem kelistrikan di Karimunjawa dari pemerintah kabupaten Jepara kepada PLN.

Penyebab kenaikannya yaitu turunnya harga listrik. Sebelumnya masyarakat harus membayar sebesar Rp 2.500/kWh. Kini harga jual listrik yang ditetapkan makin murah semenjak adanya PLTD Legon Bajak. Harga listrik untuk tarif rumah tangga ditetapkan sebesar Rp 1.467/kWh. Sedangkan untuk tarif bisnis menurut standar biaya pokok produksi (BPP) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 2.332/kWh.

Sakti menambahkan, ketika ini di Karimunjawa masih tersedia cadangan listrik kurang lebih sebesar 3.000 kW atau kira-kira setara dengan suplemen 10 hotel besar. Jumlah tersebut merupakan peluang bagi para investor yang ingin menyebarkan usahanya, khususnya di sektor pariwisata.

Sejumlah investor sudah melirik daerah tersebut. Di antaranya pabrik es, Java Paradise Resort, Grand Mega Resort, dan D’season Bandara. Total empat infrastruktur tersebut membutuhkan listrik sekitar 1 MW.

Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu wisata unggulan Jawa Tengah. Kepulauan ini mempunyai 27 pulau dengan 5 pulau yang telah berpenghuni. Beberapa objek wisata yang menyimpan keindahan di antaranya Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Besar, Spot Nyamplungan, Pantai Tanjung Gelam, Pulau Cilik, Pulau Tengah, dan Pulau Geleang.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.