Wisata Olahraga: Liburan Sambil Bikin Tubuh Sehat

Posted on

Ilustrasi (Thinkstock)

Jakarta – Keseruan liburan bukan hanya di objek wisata. Sekarang sedang animo liburan untuk menonton event olahraga, bahkan ikutan eksklusif biar tubuh ikutan sehat.

Di banyak sekali negara dunia, event olahraga telah menjadi daya tarik wisata yang mendatangkan ratusan bahkan ribuan wisatawan. Ini yakni sebuah acara serius bagi pariwisata.

detikTravel sepanjang Kamis (15/9/2016) akan mengangkat Wisata Olahraga Dunia, dimana banyak sekali event olahraga telah menjadi magnet wisatawan. Wisata olahraga punya dua kelebihan, seru untuk ditonton dan banyak yang memperlihatkan untuk ikutan berpartisipasi.

Kalau ditanya, apa event wisata olahraga paling populer di Indonesia? Jawabannya yakni balap sepeda Tour de Singkarak. Ini event balapan mengelilingi banyak sekali objek wisata di Sumatera Barat. Pebalap sepeda dan wisatawan sama-sama dihibur dengan alam yang indah.

Selain itu masih ada juga beberapa ajang balap sepeda di Indonesia yang tidak kalah serunya ibarat di Banyuwangi atau Flores. Sementara di level dunia, siapa yang tidak kenal balap sepeda Tour de France, ribuan wisatawan rela tiba ke Prancis untuk menontonnya.

Ajang balap lari marathon juga wisata olahraga yang mendunia. Di level Indonesia ada Jakarta Marathon dan Bali Marathon atau versi lari ultra, sambil lintas alam di Magelang atau Rinjani.

Di level dunia, ada pula Boston Marathon atau Berlin Marathon yang menarik wisatawan. Belum lagi aneka lari lintas alam yang unik dari melintasi Amazon di Amerika Latin atau Afghanistan yang cukup berbahaya.

Belum lagi ada sejumlah event wisata olahraga yang bersifat lucu-lucuan, atau tematik di banyak negara. Pada event semacam ini, justru traveler lah yang tertarik menjadi pesertanya, bukan menjadi penonton.

Olahraga lain yang melahirkan objek wisata yakni sepakbola. Traveler rela pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk menonton klub idolanya. Bahkan keberadaan sebuah stadion menjadi objek wisata bagi mereka.

Di banyak negara dari Inggris hingga Spanyol, stadion milik klub-klub legendaris didatangi turis tidak hanya ketika pertandingan. Saat kosong pun wisatawan tiba untuk melaksanakan tur stadion, selain stadion itu juga menyediakan museum, toko suvenir atau wall of fame.

Olahraga ekstrem yang memacu adrenalin, sudah terang itu juga menjadi wisata olahraga yang menarik wisatawan untuk ikut serta. Misalnya saja olahraga arung jeram. Namun yang tidak disangka-sangka yakni bela diri juga dapat menjadi wisata olahraga.

Sumo di Jepang dan Thai Boxing di Thailand yakni olahraga yang menjadi tontonan asyik untuk wisatawan asing. Bahkan belakangan, Pencak Silat di Indonesia pelan-pelan juga menjadi atraksi untuk wisatawan sesudah meledaknya film The Raid. Hal itu dimulai dari munculnya beberapa bazar dan karnaval bertema silat di Bogor dan Yogyakarta.

Wisata olahraga di dunia yakni sebuah atraksi wisata yang menarik. Event ini menggelorakan semangat jiwa dan raga yang sehat, serta keseruan yang maksimal. Mau menonton atau ikutan langsung, silakan saja. Liburan sambil bikin tubuh sehat, kenapa tidak?


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.