Wisata Keraton Yogya Ditutup Selama Idul Fitri 2019

Posted on

Ilustrasi Keraton Yogyakarta (Edzan Raharjo)

Yogyakarta – Obyek wisata Keraton Yogyakarta akan ditutup selama idul fitri 1440 H pada 5 dan 6 Juni 2019. Baru dibuka pada 7 Juni 2019 mendatang.

“Benar 5-6 Juni Keraton tutup, dibuka kembali 7 Juni 2019 jam 08.00-11.00 WIB,” kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah spesial Yogyakarta (DIY), Singgih Raharjo di Yogyakarta, Selasa (4/5/2019).

Singgih menjelaskan, obyek wisata Keraton Yogyakarta ditutup selama idul fitri alasannya yakni Keraton sedang melangsungkan hajat dalem berupa gerebek syawal dan ngabekten pada 5-6 Juni 2019.

Sementara Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, menuturkan hajat gerebek syawal akan dilangsungkan di Kompleks Masjid Kauman pada 5 Juni 2019.

Sementara ngabekten dilangsungkan selama dua hari, yakni pada tanggal 5 dan 6 Juni 2019. “Ngabekten putri itu dilangsungkan tanggal 6 (Juni 2019),” ungkapnya.

Ngabekten yakni tradisi yang masih dilestarikan di lingkungan Keraton Yogyakarta. Ngabekten berasal dari kata bekti yang berarti berbakti, dalam hal ini berbakti kepada Sultan.

“Ngabekten diikuti putra-putri Sultan, lalu para abdi dalem putri, lalu para darah dalem mulai wayah hingga buyut putri,” pungkas KRT Jatiningrat.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.