Wisata Batik Ke Banten Yuk, Ada 250 Motif Lho!

Posted on

Foto: Motif batik khas Banten (Bahtiar/detikTravel)

Serang – Wisata batik ke Banten, kenapa tidak? Banten juga tidak kalah dengan Jawa sebagai destinasi wisata batik. Mereka punya 250 motif yang cantik.

Tak kalah dengan motif batik Cirebon, Pekalongan atau Solo dan Yogyakarta, di Banten, ada 250-an motif batik. Ciri khasnya yakni motif yang merujuk pada jejak arsitektur dan gerabah peninggalan Kesultanan Banten.

Ciri khas motif ini lalu disebut Batik Banten. Dikembangkan oleh Uke Kurniawan di galerinya di tempat Cipocok, Kota Serang. Ia banyak bekerja sama dengan arkeolog, atau sejarawan mengenai motif batik khas Banten untuk memberi filosofi pada setiap motifnya.

Hasilnya, ada 250 motif batik. 170 di antaranya sudah dipatenkan. Dengan kira-kira 90-an motif dipatenkan bersama ikatan arkeolog, dan sekitar 80-an dipatenkan oleh ilmuwan dari Universitas Indonesia (UI).

“Sisanya belum dipatenkan alasannya yakni berkaitan dengan filosofi. Jadi, ciri khas batik ini yakni ragam hiasnya khas Banten,” kata Uke dikala berbincang dengan detikTravel di galerinya di Serang, Selasa (2/10/2018).

Salah satu motif batik Banten (Bahtiar/detikTravel)Salah satu motif batik Banten (Bahtiar/detikTravel)

Ciri inilah menurutnya yang membedakan dengan batik daerah lain. Meski di Banten misalkan ada batik Cikadu, atau batik dari Lebak. Cirinya, Batik Banten bukan berdasarkan kreasi ciptaan tapi merupakan motif dari ragam hias yang ada di peninggalan arkeologis di Banten.

Sejak 2014, Batik Banten menurutnya sudah masuk ke Pergub ihwal Muatan Lokal. Lewat hukum ini, selain pencak silat, rampak bedug, batik ini jadi warisan daerah dan proposal penggunaannya disarankan kepada setiap pegawai negeri sipil. Bahkan, pada HUT Banten pada 4 Oktober nanti, setiap orang mesti memakai batik khas ini.

“Imbauan memakai Batik Banten sudah ada. Baik dari Sekda, Dinas Pendidikan dan dinas-dinas terkait alasannya yakni ini terkait Pergub,” ujarnya.

Wisata Batik ke Banten Yuk, Ada 250 Motif Lho!Salah seorang pekerja batik cap (Bahtiar/detikTravel)

Karena ciri khasnya ini, Uke yang melestarikan Batik Banten diangkat jadi guru batik nasional. Setiap hari, galeri dan lokasi pembuatan batik miliknya pun didatangi wisatawan dari murid SD hingga mahasiswa yang ingin mengenal dan berlatih menciptakan Batik Banten.

Untuk harga, jenis batik ini menurutnya tidak mengecewakan terjangkau dengan kualitas materi terbaik. Di galerinya, ia menjual baju dan kain batik dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta.

Tonton juga ‘Sandi Tantang Perajin Ciptakan Batik Kekinian untuk Milenial’:

[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.