Trend Pulang Kampung Di Indonesia, Dari Destinasi Hingga Waktu Booking Tiket

Posted on

Ilustrasi Idulfitri (Thinkstock)

Jakarta – Bulan bulan rahmat identik dengan tradisi pulang kampung hingga lomba berburu tiket pulang kampung. Ketahui dulu trendnya demi kenyamanan liburan kamu.

Mudik atau pulang kampung, sebuah tradisi yang selalu dilakukan oleh traveler Muslim pada Hari Raya Lebaran. Tentunya bukan diam-diam umum, bila momen setahun sekali ini selalu diramaikan oleh perburuan tiket mudik.

Di sela peluncuran produk layanan pemesanan Pesawat + Hotel oleh Traveloka di Restoran Sapori Deli, Fairmont Hotel, Jakarta (31/5/2017) malam, turut dibahas ekspresi dominan pulang kampung di Indonesia oleh Senior Vice President Business Development Traveloka, Caesar Indra. Khususnya perihal waktu booking tiket traveler hingga destinasi wisata pulang kampung atau lebaran di bulan Ramadan.

“Dari arus mudik, dari data booking yang ada kita lihat 18 hari sebelum hari H dan naik terus hingga 2 hari sebelum Lebaran. Arus baliknya 3 hari sehabis Lebaran,” terperinci Caesar.

Sedangkan dari segi harga, semua moda transportasi diketahui mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari harga normal. Traveler pun harus pesan tiket dari jauh-jauh hari atau mengakalinya dengan promo untuk menerima harga terbaik.

“Itu harga sanggup naik 2,5 kali dari harga normal,” ujar Caesar.

Selain waktu booking dan harga yang meningkat drastis di jelang Lebaran, turut disebutkan sejumlah destinasi pulang kampung yang menjadi tujuan traveler. Ada yang di Pulau Jawa hingga luar Jawa.

“Berdasarkan pengalaman kita di travel, bila dari ekspresi dominan pulang kampung ada beberapa destinasi yang terkenal untuk masyarakat Indonesia, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Palembang, Balikpapan dan Batam,” papar Caesar.

Lantas bagaimana dengan traveler yang tidak pulang kampung namun berencana untuk liburan ketika momen libur panjang Lebaran? Ternyata Bali dan sejumlah destinasi di Asia masih menjadi favorit para traveler domestik.

“Di masa Idulfitri ini masyarakat Indonesia juga berlibur, tapi destinasinya beda, Bali, Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Hong Kong, Tokyo dan Guangzhou,” ujar Caesar.

Melihat ekspresi dominan pulang kampung yang ada, tentu traveler sanggup memperoleh citra luas ihwal waktu terbaik booking tiket mau pun menentukan destinasi libur Lebaran.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.