Tentang Museum Kereta Api Ambarawa, 5 Hal Ini Perlu Kau Tahu

Posted on

Museum Kereta Api Ambarawa. Foto: Antara Foto/Fanny Octavianus

Jakarta – Museum Kereta Api Ambarawa bukan hanya sebagai daerah singgah kereta. Kini kau dapat menikmati wisata dengan ditemani suasana stasiun beserta lokomotif kereta.

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang merupakan sebuah stasiun kereta api kelas I yang sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum perkeretaapian di Indonesia. Museum yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah ini menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penasaran menyerupai apa sih stasiun kereta api yang sekarang menjadi museum ? Berikut ini 5 hal yang dapat kau ketahui wacana Museum Kereta Api Ambarawa yang dirangkum detikTravel dari aneka macam sumber.

1. Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Sejak 1970, lokomotif-lokomotif uap dan bau tanah di Jawa Tengah sebagian dihancurkan, dipindahtangankan dan sisanya dijadikan barang rongsokan. Hingga pada tahun 1972, terjadinya banjir lahar pascaerupsi Gunung Merapi menciptakan penutupan susukan jalur ke Magelang.

Akibat tertutupnya susukan ke Magelang pada tahun 1975 menciptakan penutupan jalur kereta api Yogyakarta-Magelang-Secang turut terjadi. Hal ini memberi imbas pada penutupan Stasiun Willen I atau dikenal dengan Stasiun Ambarawa.

Gubernur Jawa Tengah yang ketika itu menjabat, Soepardjo Rustam dan Kepala PJKA Eksploitasi Tengah, Soeharso pada 8 April 1976 tetapkan untuk membuka sebuah museum kereta api di Stasiun Ambarawa.

Dan, pada 21 April 1978 Museum Kereta Api Ambarawa dibuka secara resmi dan mulai menarik minat wisatawan. Kini, museum kereta api ambarawa 2019 masih dibuka untuk umum beserta fasilitas-fasilitasnya


2. Jadwal Kereta Wisata Ambarawa 2019

Di Museum Kereta Api Ambarawa, disediakan aneka macam pilihan kereta acara pariwisata, menyerupai kereta jadul mesin diesel. Perjalanan kereta ini mempunyai acara operasi tiap hari.

Pengelola museum, memperlihatkan keputusan untuk penambahan acara kereta yang diadakan setiap hari, kereta ini mempunyai rute Ambarawa-Tuntang dengan harga tiket sekitar Rp 60 ribu per orang. Panorama terbaik ketika menaiki kereta wisata ini yakni pemandangan Danau Rawa Pening.

3. Sistem Operasional Museum Kereta Api Ambarawa

Alamat Museum Kereta Api Ambarawa terletak di Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.
Museum ini beroperasi pada jam 08.00-17.00 setiap hari. Jadi, buat kau yang ingin berkunjung tak perlu khawatir untuk tiba ke sini ya.

Untuk harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa 2019 yang ditawarkan pun cukup terjangkau nih Detikers. Untuk usia remaja akan dikenakan biaya sekitar Rp 10 ribu dan untuk bawah umur akan dikenakan biaya sekitar Rp 5 ribu.

4. Fasilitas dan Aktivitas Wisata

Di museum ini kau akan diajarkan untuk lebih mengasihi kereta api Indonesia nih Detikers, mulai dari sejarahnya sampai produk yang dihasilkan oleh kereta api Indonesia.

Berbagai akomodasi beserta acara yang ditawarkan pihak museum untuk para pengunjung terdiri dari koleksi lokomotif-lokomotif uap, benda atik, wisata edukasi dan tur perjalanan wisata. Semua itu bertemakan wacana kereta api Indonesia dan pastinya seru untuk dilakukan bersama keluarga dan teman-teman.

Wisata edukasi yang dimaksudkan yakni penyediaan perpustakaan ‘Kereta Api Pustaka’, sejarah, jalur, replika dan halte kereta api Inodnesia.

5. Spot Foto Klasik yang Instagramable

Kurang rasanya, bila kau tidak menciptakan kenangan dengan berfoto-foto ria di daerah wisata bukan. Nah, di Museum Kereta Api Ambarawa ini kau dapat menentukan daerah foto versi terbaikmu loh.

Karena mempunyai desain yang unik dan klasik tempoo dulu, daerah ini instagramable untuk foto yang dihasilkan. Beberapa spot foto terbaik menyerupai di gerbong kereta api, rel kereta api, dan halte kereta api.

Wah, seru banget ya.

Simak Video “Salat Tiga Waktu, Ajaran Islam Pertama di Sembalun
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.