Tebing Breksi, Teladan Faktual Bekas Tambang Yang Jadi Daerah Wisata

Posted on

Tebing Breksi bekas tambang yang jadi objek wisata (Ristu Hanafi/detikTravel)

Jakarta – Debat Capres 2019 membahas bekas tambang yang menjadi tempat wisata. Ada banyak lho, contohnya Tebing Breksi di Sleman, DI Yogyakarta.

Di demam isu liburan, Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, ramai. Pengunjung berasal dari aneka macam daerah. Selfie atau swafoto di ketinggian atau spot-spot unik jadi andalan lokasi wisata ini.


Tebing Breksi awalnya yaitu tempat penambangan kerikil alam untuk material bangunan. Sejak 2014, pemerintah menutup kegiatan pertambangan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Sejak itu Tebing Breksi diolah oleh warga lokal secara kreatif dan pada 23 Mei 2015 mulai menjadi objek wisata. Ditambah kekuatan media sosial, jadilah Tebing Breksi sebagai destinasi wisata yang populer. Sampai 2018, pengunjungnya sudah naik 3 kali lipat.

Tebing Breksi, Contoh Nyata Bekas Tambang yang Kaprikornus Tempat WisataSpot selfie di Tebing Breksi (Ristu Hanafi/detikTravel)

Tebing Breksi bukanlah satu-satunya destinasi yang terdapat di Desa Sambirejo. Terdapat Candi Ijo dan Candi Ratu Boko di sekitar Tebing yang sayang untuk dilewatkan.

Hal yang paling mengesankan selama berada di Tebing Breksi yaitu pemandangannya yang luar biasa. Ketika berada di atas tebing, kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah, seakan-akan seluruh Yogyakarta sanggup terlihat dari sini. Selain itu, sunset dari Tebing Breksi ini anggun banget.

Beberapa acara yang sanggup dilakukan di Tebing Breksi yaitu foto selfie dengan bermacam-macam atribut yang disiapkan oleh petugas. Kemudian ada kendaraan beroda empat off road untuk berkeliling lokasi Tebing Breksi dan pastinya berfoto dengan aneka macam gaya dengan keindahan Tebing Breksi.

Tebing Breksi, Contoh Nyata Bekas Tambang yang Kaprikornus Tempat WisataTebing Breksi yang ramai wisatawan (Ristu Hanafi/detikTravel)


Tempat ini fotogenik banget dan asyik buat jadi materi postingan di media sosial. Tebing-tebingnya dipahat secara artistik dengan motif wayang, naga dll. Keren banget jadinya!

Cara ke sana:


Tebing Breksi jaraknya hanya 1 km dari Candi Ijo. Kamu tinggal ke arah Candi Prambanan kemudian ikuti jalan menuju Candi Ijo lewat Piyungan. Tebing Breksi dikelola oleh BUMDES Sambimulyo. Tiket masuknya Rp 5.000 per orang belum termasuk parkir.

Seperti dibahas dalam debat Capres kedua antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto, bekas lokasi tambang tidak selamanya buruk. Jika dimanfaatkan dengan benar, bekas lokasi tambang sanggup menjadi tempat wisata yang menarik.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.