Tarik Minat Wisman, Wilayah Joglosemar Semakin Dikembangkan

Posted on


Solo

Sebagai salah satu “10 Bali Baru”, wilayah Joglosemar terus dikembangkan untuk menarik kedatangan wisman. Kali ini donasi tiba dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.

Mempermudah kanal dari Bandara Adisumarmo Solo ke Stasiun KA Solo Balapan merupakan salah satu acara yang dilakukan untuk mendatangkan wisman ke wilayah Yogya-Solo-Semarang . Presiden Jokowi sendiri berkenan melaksanakan groundbreaking dimulainya pembangunan jalur KA sepanjang 13,5 km tersebut.

Pembangunan rel kereta api Bandara Internasional Adisumarmo Boyolali ditargetkan akan tamat dalam dua tahun. Presiden Joko Widodo berharap konsep pengelolaan antarmoda transportasi bisa menunjukkan efisiensi pelayanan bagi masyarakat.

Dalam konteks pariwisata, akomodasi kanal merupakan salah satu bentuk pelayanan yang baik pada wisatawan. Akses dari bandara sebagai pintu gerbang wisatawan dengan tempat lain, ibarat stasiun kereta api, terminal, atau tempat-tempat wisata sudah seharusnya makin dipermudah.

Masih berdasarkan Presiden, konsep pengelolaan antarmoda transportasi bisa menciptakan waktu perjalanan semakin efisien. “Di negara maju, sehabis turun dari pesawat menuju terminal airport, turun ke lift sudah ada kereta yang hendak ke mana saja. Efisiensi kepada masyarakat, tidak macet, dan murah,” katanya.

Tarik Minat Wisman, Wilayah Joglosemar Semakin Dikembangkan


Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikala melaksanakan groundbreaking.Kereta api bandara akan menghemat waktu tempuh dari Kota Solo menuju bandara di Boyolali. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit. Selama ini, waktu tempuh dari Solo ke Bandara bisa memakan waktu 35 menit.

Akhir tahun 2018, diperlukan kereta api ini sudah siap beroperasi. Nantinya, akan ada empat kereta untuk jalur tersebut dengan daya tampung kurang lebih 200 penumpang.

Di lain sisi, Asdep Pengembangan Strategi Pemasaran Mancanegara bekerja sama dengan Asdep Wisata Sejarah dan Religi untuk menciptakan paket wisata yang sanggup menarik lebih banyak wisman ke Joglosemar.

Dalam pelaksanaannya, digelar FGD pengembangan paket wisata masakan dan belanja di Solo pada 5-6 April 2017 lalu. Acara ini diikuti oleh penerima dari Solo dan sekitarnya.

“Langkah maju dalam pengembangan Borobudur dicapai sehabis Peraturan Presiden Badan Otoritas Pengembangan (Perpres BOP) Borobudur ditandatangani Presiden,” ujar Larasati Sedyaningsih dari Pokja Borobudur.

Dengan adana Perpres BOP ini, langkah-langkah pengembangan Borobudur akan semakin fokus dan mempunyai progres yang makin terukur. Larasati menambahkan, selain atraksi dan amenitas, langkah branding, promosi, dan penjualan juga dilakukan oleh Tim Kemenpar untuk Joglosemar.

“Dalam rangka menggaet wisman dari Vietnam, empat industri pariwisata dan Kadispar Yogyakarta mengikuti Vietnam International Travel Mart Di Ha Noi, Vietnam, 6-9 April 2017. Mereka berangkat bersama Tim Kemenpar,” ujar Larasati.

Kemenpar juga mendukung promosi seni budaya dan potensi kawasan kabupaten/kota se-Jawa Tengah selama bulan April 2017. Tanggal 2 April 2017, Kabupaten Kendal menyajikan Ketoprak “Fajar di Bumi Kendal”. Lalu, untuk memperkuat Branding Solo sebagai Kota Wisata Kuliner dilaksanakan Solo Culinary Festival 6-9 April 2017, diikuti oleh 140 stand baik makanan tradisional maupun makanan kekinian.

Langkah strategis lain juga dilakukan Kemenpar dalam rangka memperkuat dan meningkatkan perjuangan Homestay, Karaoke, dan Jasa Pariwisata. Asdep Industri mengadakan Sosialisasi Sertifikasi Usaha Pariwisata di Semarang yang diikuti oleh 40 pemilik/pengelola perjuangan di Kab/Kota Magelang, Kab/Kota Semarang, dan Kab Purworejo.

Lalu, dalam rangka training dan pengelolaan Pemasaran Go Digital kepada pengelola homestay di Kab/Kota Magelang, diadakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat pada 5-6 April 2017 di Magelang, Jawa Tengah.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.