Tari Wura Bongi Monca Sambut Wisatawan Di Pameran Pesona Tambora

Posted on

Foto: Dok Kemenpar

Jakarta – Puncak Festival Pesona Tambora benar-benar luar biasa. Festival tersebut bisa menciptakan daerah Doro Ncanga, Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) berubah menjadi lautan manusia, Kamis (11/4).

Berbagai sajian budaya terbaik seolah menjadi magnet tersendiri bagi ribuan masyarakat dan wisatawan yang datang. Sebuah prosesi penyambutan dengan Tari Wura Bongi Monca memulai perhelatan tersebut. Gemulai para penari bersanding manis dengan alunan musik tradisional Mbojo, khas Dumpu.

“Ini luar biasa. Keren! Festival Pesona Tambora bisa menjadi etalase terbaik. Bukan saja mengangkat kemegahan Gunung Tambora, tetapi juga seni budaya yang begitu kaya yang dimiliki NTB,” ujar Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty.


Hadirnya penyanyi ibukota Helena bisa menciptakan suasana semakin semarak. Jebolan salah satu ajang pencarian talenta itu tampil luar biasa. Suasana makin memanas ketika Esthy Reko Astuty berduet bersama Helena menyanyikan lagu Dia milik penyanyi Anji.

Acara ini juga diwarnai penampilan Tari Kolosal Doro Mantika yang begitu apik dibawakan oleh 300 penari. Tarian yang menggambarkan kearifan lokal masyarakat Dompu itu, merupakan citra sejati bersandingnya masyarakat dengan Gunung Tambora.

Hadirnya Tarian Doro Mantika pun seolah menjadi pertanda, betapa betapa melekatnya Gunung Tambora kepada masyarakat NTB. Apalagi sehabis letusan maha dasyat tahun 1815 Gunung Tambora berubah menjadi menjadi lanskap yang sangat menakjubkan.

Dari puncaknya, wisatawan bisa melihat kawah besar sisa letusan gunung Tambora yang sangat mengagumkan. Bahkan menjadi kawah terdalam dan terluas di dunia. Di sekitarnya, terdapat destinasi wisata menawan yang menarik untuk dikunjungi.

Dari mulai Doro Ncanga, Doro Bente, sampai Doro Peti. Daerah-daerah itu pun menjadi lahan yang penghidupan bagi masyarakat sekitar.

Pada sambutannya, Esthy Reko Astuty menjelaskan, Festival Pesona Tambora ini sangat luar biasa. Festival ini bisa menjadi promosi pariwisata bagi Dompu, NTB, bahkan Indonesia.

Repons besar yang ditunjukan wisatawan pun menjadi representasi kebangkitan pariwisata NTB. Terutama pasca gempa yang melanda NTB beberapa waktu silam. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah hadir di Festival Pesona Tambora.

Maka dari itu Kemenpar pun memperlihatkan proteksi eksklusif terhadap Festival Pesona Tambora. Salah satunya dengan mendatangkan koreografer ternama Deni Malik untuk mengkurasi atraksi tarian yang ada di bazar tersebut.

“Festival ini menjadi media promosi pariwisata yang bagus. Atraksinya keren,” kata Esthy.

Apalagi, prestasi yang dimiliki NTB terutama untuk wisata halal sangat banyak. Dengan adanya potensi ini dan kekuatan alamnya, daerah Tambora harus menggelar lebih banyak festival. Apalagi Kawasan Tambora sangat potensial untuk dikembangkan nomadic tourism,” katanya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada sambutannya pun mendukung penuh perhelatan tersebut. Menurutnya bazar ini membuktikan akad penuh Dompu dalam mendukung pariwisata Indonesia khususnya NTB.

“Tidak gampang membangun daerah meskipun mempunyai potensi yang besar. Dompu bisa mewujudkan itu dengan akad berpengaruh Bupati Dompu Bambang M. Yasin dalam membangun Dompu. Terimakasih juga kepada Kemenpar yang telah mendukung penuh bazar ini selama 5 tahun berturut-turut,” ujar Zulkiefli.


Bagi Kepala Dinas Pariwisata, NTB, Lalu Mohammad Faozal, Festival Pesona Tambora menjadi tonggak gres mendunianya Gunung Tambora. Sebuah atraksi utama untuk mendorong sektor pariwisata NTB.

“Komitmen kami untuk terus mendorong sektor pariwisata sebagai core ekonomi daerah. Bukan cuma Lombok tetapi juga di seluruh kabupaten/kota di NTB,” ujar Faozal.

Buat Menteri Pariwisata Arief Yahya, perhelatan Festival Pesona Tambora berdampak nyata buat masyarakat.

“Gunung Tambora menjadi berkah yang luar biasa bagi masyarakat Dompu. Bukan saja memperlihatkan kesuburan bagi tanahnya tetapi juga menjadi ikon pariwisata NTB. Lewat bazar ini seluruh potensi pariwisata yang ada di Gunung Tambora diperlukan semakin mendunia,” ucap Menpar Arief.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.