Suka Sejarah Dan Kebudayaan? Yuk, Jalan-Jalan Ke Yogyakarta

Posted on

Keraton Yogyakarta. (Foto: Shutterstock)

Jakarta – Yogyakarta memang dikenal dengan bermacam-macam destinasi wisata yang kental akan sejarah dan budaya. Dengan banyaknya destinasi wisata yang legendaris, Yogyakarta pun menjadi pilihan bagi para pencinta sejarah. Apakah Anda salah satunya?

Untuk menyidik lebih banyak sejarah yang ada di Yogyakarta, Anda sanggup eksklusif berkunjung sekaligus berlibur ke sana. Berikut beberapa destinasi wisata sejarah dan budaya yang ada di Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang lalu bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada 1775. Saat berkunjung ke kompleks Keraton Yogyakarta, Anda sanggup menemukan benda-benda kuno menyerupai keramik, batik kuno, gamelan, lukisan, dan benda-benda pribadi raja.

Menariknya, di dalam bangunan yang memamerkan aneka koleksi batik, terdapat sebuah sumur kuno yang dasarnya dipenuhi dengan uang.

Jika tiba di dikala yang tepat, Anda juga sanggup menyaksikan bermacam-macam upacara adab atau prosesi menyerupai Nyebar Udhik-udhik, Caos Dahar, Grebeg, dan masih banyak lagi.

Ullen Sentalu

Saat Anda berkunjung ke museum yang satu ini, Anda sanggup melihat aneka macam koleksi peninggalan Kerajaan Mataram kuno yang begitu mengagumkan. Museum Ullen Sentalu dibagi menjadi dua unit terpisah. Unit pertama berada di alun-alun utara Keraton Yogyakarta, sedangkan unit kedua terletak di kawasan Wijilan.

Ullen Sentalu juga bukan hanya menyimpan koleksi warisan budaya Jawa, tapi tahu cara mengemas museum dengan begitu unik untuk kenyamanan para pengunjung museum.

Taman Sari

Destinasi yang dijuluki sebagai Water Castle atau Istana Air ini terletak di Jl Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan, Yogyakarta. Dulunya, tempat ini merupakan tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan sekaligus benteng pertahanan yang sudah berdiri semenjak zaman dahulu.

Di Taman Sari, Anda sanggup menemukan beberapa kompleks menyerupai bak pemandian, danau buatan, jembatan gantung, pulau buatan, taman, lorong bawah tanah, jalan masuk air, masjid, dan beberapa bangunan lainnya yang dirancang khusus oleh beberapa arsitektur dunia.

Kotagede

Kotagede terletak di sebelah tenggara Yogyakarta dan merupakan warisan sejarah Kerajaan Mataram kuno. Destinasi ini menyimpan sisa-sisa reruntuhan Istana Kedhaton dalam bentuk tiga buah batu.

Kotagede juga dikelilingi oleh pohon beringin besar, makam para pendiri kerajaan, Masjid Kotagede, reruntuhan benteng, dan pasar tradisional yang berdasarkan catatan sejarah sudah ada semenjak masa ke-14.

Itu tadi destinasi sejarah dan budaya yang sanggup Anda temukan di Yogyakarta. Sebelum tetapkan untuk berwisata ke sana, pastikan Anda sudah memesan tiket pesawat dan hotel di Pegipegi.

Ada banyak promo menarik dari Pegipegi setiap harinya. Booking tiket pesawat dan hotel pun menjadi lebih gampang dengan aplikasi Pegipegi.

Masih ingin tau dengan destinasi wisata sejarah dan budaya Indonesia lainnya? Yuk, jelajahi Indonesiamu bersama Pegipegi!


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.