Serunya Kenali Warisan Budaya Solo Lewat Wisata Kampung Kota

Posted on


JakartaPemerintah Kota Solo punya program menarik untuk menggaet wisatawan pada long weekend kemarin, yakni dari Sabtu (2/9/2017) sampai Minggu (3/9/2017). Pasalnya, ada gelara Wisata Kampung Kota yang menghadirkan rangkaian program menarik.

Gelaran acara ini mengedepankan atraksi wisata buatan dan budaya. Kampung-kampung di Solo yang dipilih untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik.

“Akan ada 2 kampung yang akan dipakai untuk menyelenggarakan perhelatan itu. Masing-masing yaitu Kampung Kemlayan dan Kampung Kepatihan. Pokoknya semoga bisa mendunialah,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Solo, Basuki Anggoro Hexa.

Ia menjelaskan, kedua kampung di Solo tersebut dipilih alasannya yaitu banyak sekali alasan. Khususnya mempunyai nilai sejarah yang sangat kental dan masih menjaga nilai-nilai budaya Solo.

“Kampung Kemlayan terkait sejarahnya yang kental perihal budaya musik dan tari di Solo. Kampung Kepatihan dipilih alasannya yaitu menjadi kediaman pepatih dalem Keraron Kasunanan Surakarta Hadiningrat,” paparnya.

Acara di kedua kampung tersebut digelar pada Sabtu (2/9/2017). Sedangkan program penutupan gelaran Wisata Kampung Kota digelar di Benteng Vastenburg, Minggu (3/9/2017).

“Acara di antaranya eksplorasi di kedua kampung tersebut. Untuk selingan akan ada seni tari, musik, penceritaan sejarah Solo oleh sejarawan. Acara pada penutupan yaitu gelaran reog, teater dari sejumlah sanggar teater di Solo, serta program musik,” jelasnya.

Ia juga berharap, Solo bisa menjadi kota kreatif dan berbudaya sehingga masyarakat Indonesia bahkan luar bisa menikmati keindahan yang ditawarkan Solo secara maksimal.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, ketika ini wisata budaya di Indonesia gres berkembang di sejumlah kota. Kota-kota yang dimaksud yaitu Solo, Yogyakarta, Jember, dan Malang.

“Salah satu taktik untuk memaksimalkan pengelolaan wisata tradisi dan seni budaya, tahun ini ditetapkan 5 destinasi wisata Tradisi, Seni, dan Budaya (TSB). Ada Joglosemar, Labuan Bajo, Toba, Toraja, dan Mandalika (Lombok). Tujuan jangka pendek yang yaitu keberhasilan berupa meningkatnya jumlah wisatawan, terutama wisatawan macanegara dan laba finansial masyarakat lokal. Ini yang akan kita maksimalkan,” jelasnya.

Ia turut mengapresiasi acara Wisata Kampung Kota di Solo yang sangat positif dalam rangka mempertahankan tradisi dan seni budaya.

“Kota Solo hampir tidak sepi terkait wisata budaya. Penampilannya tidak hanya budaya dari Solo, TAPI seluruh kawasan yang ada di Indonesia dikembangkan. Kegiatan ini sungguh bermanfaat,” ujarnya.

Menurutnya, kemampuan mengembangkan aset warisan budaya sangat perlu ditingkatkan. Ia juga terus mendorong biar pemerintah kawasan menggarap secara optimal wisata budaya di daerahnya.

“Wisata budaya masih menjadi andalan di komunitas ASEAN. Padahal 60 persen kunjungan wisatawan dari banyak sekali serpihan negara ke Asia Tenggara alasannya yaitu daya tarik wisata budaya,” paparnya.

Untuk itu, Arief meminta semua stakeholder yang terkait budaya dan destinasi prioritas untuk berdisuksi. Misalnya menyebarkan informasi, pengalaman, dan pengetahuan dengan mengedepankan semangat Indonesia Incorporated.

“Kita nggak bisa bekerja sendirian, semua harus bersatu. Untuk benchmarking-nya bisa melihat Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Mereka sangat serius menggarap budaya. Hasilnya ternyata sangat dahsyat. No culture, no tourism,” katanya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.