Seputar Pantai Klayar Di Pacitan: Rute Sampai Tiket Masuk

Posted on

Seputar Pantai Klayar di Pacitan: Rute Hingga Tiket Masuk Foto: Mochammad Akbar/dTraveler

Jakarta – Kabupaten Pacitan mungkin lebih dikenal oleh traveler sebagai Kota Seribu Gua atau sebagai kota kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, di sana ternyata ada wisata pantai indah yang cukup tersembunyi ialah Pantai Klayar.

Pantai ini dikenal dengan pasir putihnya serta deburan ombaknya yang cukup besar. Jika kalian berencana mengunjungi Pantai Klayar, simak dulu serba-serbi perihal tempat wisata ini yang dirangkum detikTravel dari aneka macam sumber.

1. Lokasi

Pantai Klayar terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya, pantai ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo dan berjarak sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan.

2. Rute

Bagi kalian yang tiba dari arah kota Pacitan, kalian dapat mengikuti jalur bis Solo-Pacitan kemudian belok kiri di pertigaan Dadapan. Kemudian belok kanan sesudah tiba di Desa Candi. Lurus terus ikuti jalan tersebut hingga kalian menemukan pertigaan selanjutnya. Setelah itu ikuti petunjuk arah yang mengarahkan pengunjung ke Pantai Klayar.

Jika kalian tiba dari arah Yogyakarta kalian dapat melalui kota Wonosari di Gunungkidul. Lanjut terus ke arah timur menuju Pathuk dan lanjut terus ke kota Wonosari.

Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Pracimantoro. Setelah itu lanjut ke Giribelah di mana kalian akan melewati kawasan Punung. Setelah melewati Punung, kalian akan melihat papan nama Pantai Klayar. Setelah ini kalian tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada.

3. Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Klayar cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 untuk cukup umur dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000.

4. Fasilitas

Pantai Klayar telah mempunyai kemudahan yang cukup lengkap. Di sana tersedia toilet dan kamar mandi yang bersih. Untuk mengisi perut juga tersedia banyak warung yang berjualan di area sekitar Pantai Klayar. Fasilitas lainnya antara lain mushola, gazebo dan penginapan.

5. Objek Wisata

Pantai Klayar termasuk dalam formasi pantai selatan yang identik dengan ombaknya yang besar. Jadi, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang.

Tapi hening saja, di sana ada banyak daya tarik yang dapat kalian nikmati. Sebut saja tebing setinggi kurang lebih 50 meter yang ada di tengah pantai dan bebatuan yang seolah-olah dengan Sphinx.

Ada juga atraksi air mancur alami setinggi 10 meter yang dapat dinikmati pengunjung. Fenomena alam ini terjadi alasannya tekanan tinggi air maritim yang masuk melalui bab bawah bebatuan. Selain itu, ada juga penyewaan ATV yang dapat kalian gunakan untuk menyusuri bibir Pantai Klayar.

6. Makara Inspirasi Lagu

Pantai Klayar rupanya menjadi pandangan gres bagi penyanyi campursari Didi Kempot. Penyanyi yang dijuluki Godfather of Broken Heart ini merilis lagu berjudul ‘Pantai Klayar’ dengan lirik yang menyayat hati pada tahun 2017.

Simak Video “Menjelajahi Pantai Klayar Pacitan Menggunakan ATV
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.