Selain Jomblang, Gua Cokro Di Gunungkidul Juga Tak Kalah Ekstrem

Posted on

Gua Cokro yang indah tapi ekstrem (goacokro.wordpress.com)

Gunungkidul – Sisi lain DI Yogyakarta ialah sebuah gua ekstrem di Gunungkidul, namanya Gua Cokro. Kita akan turun pakai tali sejauh 18 meter kemudian menjelajahi gua dengan kegelapan abadi. Berani?

Selama ini, Gua Jomblang dikenal sebagai gua ektsrem di Gunungkidul. Gua Cokro nyatanya tak kalah ekstrem, tapi belum banyak orang yang tahu. Gua ini masih berada di Gunungkidul, tepatnya di Dusun Blimbing, Kecamatan Ponjong.

“Dari Kota Yogya, kalau lancar 1 jam. Jalannya ke arah Wonosari, hingga situ tanya saja Dusun Blimbing, orang-orang tahu kok,” ujar Bardi, salah satu pengelola Gua Cokro kepada detikTravel, Rabu (23/3/2016).

Gua Cokro pertama kali dibuka untuk wisatawan di tahun 2009. Pengelolanya ialah warga Dusun Blimbing. Gua Cokro memang layak menjadi destinasi wisata dan masuk kategori ekstrem, alasannya ialah kita harus turun sejauh 18 meter untuk hingga di dalam guanya.

“Tipe guanya ialah gua vertikal dengan kedalaman 18 meter. Turunnya itu pakai tali dan manual, alias digerakan oleh orang-orang. Bisa dibilang gua ekstrem juga,” tutur Bardi.


Pintu masuk guanya saja sudah gelap (goacokro.wordpress.com)


Memasuki Gua Cokro (goacokro.wordpress.com)


Turun ke kedalaman 18 meter (goacokro.wordpress.com)

Dilihat dari luar, pintu masuk guanya saja sudah gelap banget. Ketika turun, siap-siap mencicipi udara gua yang hambar dan lembab. Jangan panik, damai dan fokuslah pada tali yang kita pegang.

Begitu mendarat, suasanannya makin gelap. Menurut Bardi, Gua Cokro memang masuk dalam kategori zona gelap abadi. Cahaya matahari tidak masuk hingga ke dalam dan satu-satunya cahaya ialah dari senter yang digunakan di kepala. Perumpamaan zona gelap kekal begini, kita tidak akan dapat melihat jari yang masuk ke dalam hidung sendiri.

“Sampai di bawah, lanjut lagi menyusuri gua sejauh ratusan meter. Stalaktit dan stalakmitnya besar-besar, bebatuan di dalam guanya juga unik. Kealamiannya masih terjaga betul,” papar Bardi.


Suasana dan ornamen di dalam guanya (goacokro.wordpress.com)


Bebatuan yang eksotis (goacokro.wordpress.com)

Saat berjalan menelusuri penggalan dalam Gua Cokro, terlihat banyak anutan air. Tak ayal, gua ini mempunyai sungai bawah tanah. Namun, wisatawan dihentikan untuk mendekat ke sungai bawah tanahnya lebih bersahabat lantaran ancaman jikalau banjir.

Biaya untuk menjelajahi Gua Cokro, ialah Rp 750 ribu untuk 10 orang. Bagaimana kalau kurang dari 10 orang, contohnya berlima atau bertiga? Bardi menjelaskan, boleh-boleh saja tapi bianya lebih mahal.

“Pemesanan dapat melalui situs kami di goacokro.wordpress.com. Pemesanan baiknya 3 hari sebelum, alasannya ialah kami harus menyiapkan semua peralatannya. Kapan saja boleh, nggak harus weekend,” pungkasnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.