Sekarang Namanya Geopark Gunung Sewu Minus 5

Posted on

Pembangunan peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu yang membabat bukit karst (Istimewa/Cahyo)

Gunungkidul – Pembangunan peternakan ayam di tempat Geopark Gunung Sewu bukan hanya ditakutkan soal limbah. Namun pembangunannya sendiri, sudah membabat 5 bukit karst.

Hal itu disampaikan oleh Cahyo Alkantana. Seorang pengelola Gua Jomblang dan tempat Geopark Gunung Sewu di Gunungkidul, DI Yogyakarta, sekaligus Ketua Asosiasi Wisata Goa Indonesia (ASTAGA).

“Saya sudah tiba ke sana dan survei langsung. 5 Conical karst sudah dipenggal menjadi lahan rata,” katanya kepada detikTravel, Rabu (12/9/2018).

BACA JUGA: Jangan Dirusak! Geopark Gunung Sewu Sudah Hidupkan Banyak Orang

Menurut Cahyo, conical karst merupakan lanskap bentang karst yang berbukit-bukit dengan jumlah yang sangat banyak. Bentang alam ibarat seolah-olah itu tidak banyak di dunia, menurutnya hanya ada di Slovenia dan di Indonesia yakni Geopark Gunung Sewu. Geopark Gunung Sewu pun meliputi dalam 3 wilayah di Pulau Jawa yakni Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

“Salah satu parameter Geopark Gunung Sewu diakui UNESCO ialah sebab adanya conical karst. Ya kini namanya berarti Geopark Gunung Sewu Minus 5,” geram Cahyo.

Sekarang Namanya Geopark Gunung Sewu Minus 5Foto: (Istimewa/Cahyo)

Menurut Cahyo, hal tersebut sudah melanggar aturan. Jelas-jelas, dihentikan untuk mengubah bentang alam apalagi hingga merusaknya di dalam tempat geopark.

“Itu ada peraturannya dan ada undang-undang tertulis. Siapapun yang mengubah bentang alam tempat karst sudah termasuk ranah aturan pidana,” tegasnya.

BACA JUGA: Ini Penjelasan Pengelola Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu

Kini, Pemkab Gunungkidul rencananya akan melayangkan surat peringatan kedua (SP II) ke pengelola peternakan ayam atas nama PT Widodo Makmur Unggas tersebut. Diketahui, pembangunan peternakan ayamnya belum mempunyai izin Amdal (Analisis mengenai imbas lingkungan).

“Betul memang Desa Pacarejo ialah tempat untuk peternakan unggas. Tapi tidak semena-mena, dibangun di akrab tempat gua apalagi hingga merusak bukit karst,” pungkas Cahyo yang juga menjabat sebagai President Indonesia Adventure Travel and Trade Association (IATTA).


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.