Sejarah Taman Sari Jogja Yang Memikat Hati Wisatawan

Posted on

 Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan

Kita mungkin tidak mengetahui banyak soal sejarah Taman Sari Jogja. Padahal Taman Sari Yogyakarta yakni salah satu taman yang populer di daerah Jogja dan mempunyai kisah sejarah yang menarik. Kawasan ini menjadi salah satu daerah wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta ini dulunya yakni bekas taman atau kebun istana di Keraton Yogyakarta. Kebun ini sendiri dibangun di zaman Sultan Hamengku Buwono I tahun 1758-1765 silam. Awalnya taman ini mempunyai 57 bangunan baik berupa gedunjg, jembatan gantung, bak pemandian, danau, saluran air dan lorong-lorong bawah air. Sebenarnya dulunya lokasi Taman Sari ini sangat luas yaitu membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai ke tenggara kompleks Magangan. Akan tetapi kini ini sisa-sisa yang bisa dilihat di Taman Sari hanyalah barat daya kompleks Kedhaton saja.

Bagian Kompleks Taman Sari

Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan

Kompleks Taman Sari Yogya setidaknya dibagi menjadi empat bagian. Untuk bab pertamanya yaitu danau buatan yang berlokasi di sebelah barat. Bagian selanjutnya yaitu berada di selatan yaitu Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga dikenal sebagai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang berlokasi di selatan bab kedua. Dan untuk bab terakhir yaitu yakni bab sebelah timur bab pertama dan kedua yang meluas sampai ke arah timur dan tenggara kompleks Magangan.

Area Taman Sari Yogya

Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan

Saat memasuki lokasi istana air Taman Sari Yogyakarta, maka anda akan melihat pemandangan yang menyejukkan hati. Gemericik air pribadi menyapa para pengunjung yang tiba ke lokasi ini. Airnya yang jernih dan berpadu dengan tembok-tembok gagah yang mengitari tentunya menambah bagus area taman ini. Di tempat ini, Anda bisa melihat beberapa bak pemandian yang dibagi menjadi tiga yakni Umbul Kawitan (kolam untuk putra-putri Raja), Umbul Pamuncar (kolam untuk para selir), dan Umbul Panguras (kolam untuk Raja).

 

Kawasan Menarik di Taman Air Yogya

Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan

 

Di istana air Taman Sari Jogja, Anda pastinya akan merasa nyaman alasannya yakni tempat ini memang menyuguhkan pemandangan yang menarik. salah satunya yang bisa menarik perhatian yakni sebuah periuk yang dulunya dijadikan tempat para istri sultran bercermin. Periuk ini berada di daerah pribadi milik Sultan. Periuk ini dihiasi dengan ornament yang menawarkan kesan glamor. Selain periuk, di menara yang mempunyai tiga tingkat ini terdapat tangga yang dibentuk dari kayu jatin yang kondisinya masih sangat terawat dan menawarkan kesan antik. Jika anda melangkahkan kaki ke atas, maka Anda bisa menikmati pemandangan dari atas.

Kawasan Wisata Taman Sari Ramai Dikunjungi Wisatawan

Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan Sejarah Taman Sari Jogja yang Memikat Hati Wisatawan

Wisata air Taman Sari Jogja memang menyajikan pemandangan yang indah dan nyaman. Selama anda berada di sini, tentunya Anda akan dimanjakan dengan banyak sekali pemandangan air yang jernih yang tentunya sanggup menyejukkan hati Anda. selain itu, daerah wisata ini memang mempunyai spot-spot yang menarik untuk mengambil foto Sehingga Anda pun bisa menghabiskan waktu usang untuk mengambil gambar dan mengabadikan momen bersama dengan teman maupun keluarga Anda. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, harga tiket untuk memasuki daerah wisata ini juga dibanderol dengan harga yang murah. Oleh alasannya yakni itulah Anda bisa kapanpun mengunjungi daerah wisata ini. Di sini, Anda tidak hanya bisa berwisata namun juga mengenal sejarah dari salah satu tempat bersejarah yang ada di Jogja ini.

Jadi daerah wisata Taman Air Sari di Jogja ini memang dikatakan sebagai salah satu tempat wissata andalan di Jogja.  Bagi anda yang masih gundah ingin menghabiskan waktu kemana ketika berada di Jogja, maka mungkin daerah wisata Jogja ini bisa menjadi tempat pilihan Anda. dengan biaya yang murah tentunya tidak akan memberatkan anda bukan? Hub kami rental kendaraan beroda empat Jogja yang akan membawa anda dan memberi isu yang detail mengenai tempat bersejarah ini. Selain anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan rekan-rekan maupun keluarga, Anda juga bisa mendapat ilmu di sini. Pasalnya, tempat ini yakni salah satu tempat peninggalan bersejarah yang mempunyai kisah yang menarik. Anda bisa mempelajari sejarah Taman Sari Jogja di sini.

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.