Saksi Bisu Keganasan Letusan Merapi

Posted on

Foto: Menjajal Lava Tour Merapi (Hariyoko Widjaja/dTraveler)

Yogyakarta – Bencana alam yang begitu dahsyat niscaya meninggalkan jejak. Gunung Merapi pun demikian.

Dihimpun detikTravel, Kamis (28/9/2017), gunung ini pernah meletus dahsyat beberapa tahun silam. Beberapa saksi bisu peristiwa ini sanggup traveler temui di Museum Omahku Memoriku, Yogyakarta.

Traveler pun sanggup mengunjungi pribadi bekas peristiwa ini, yakni wisata adrenalin Lava Tour Merapi. Adapun yang lainnya yaitu Bunker Merapi dan Batu Alien.

Kalau Museum Omahku Memoriku terletak di bekas Dusun Petung (disebut bekas dusun, alasannya yaitu paska erupsi, warga tidak boleh untuk kembali menempati dusun ini), Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Desa ini menjadi saksi bisu di kala Gunung Merapi sedang meluapkan amarahnya.

Museum itu yaitu bekas rumah Mbah Lurah Petung. Aneka bekas peralatan rumah tangga sekarang ditata dengan rapi, mulai dari sendok, termos, sepeda motor yang tinggal rangka serta sisa tulang belulang binatang ternak sanggup traveler saksikan.

Erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 silam memakan banyak korban jiwa manusia, hewan-hewan ternak dan mengubur ratusan rumah. Ada satu barang yang menjadi favorit yaitu jam dinding bekas yang hangus terbakar dengan jarum jam menunjukkan ketika insiden awan panas menyergapnya yakni pukul 12:05:40 WIB.

Ada pula mushaf Al Alquran yang tersimpan di dalam lemari beling yang masih utuh keberadaannya. Pada bab sampulnya ada yang rusak namun tidak dengan isi di dalamnya walau diterjang awan panas yang dimuntahkan Gunung Merapi sewaktu meletus mempunyai suhu mencapai 600 derajat celcius.

(Lava Tour Merapi)(Lava Tour Merapi)

Hikmah lain dari peristiwa Merapi yaitu adanya wisata kendaraan beroda empat off road atau Lava Tour. Traveler sanggup melihat tanah yang subur yang jadi pemandangan dan jadinya sanggup menghidupi warga sekitar.

Traveler yang berwisata memakai kendaraan beroda empat jeep ini sudah dilengkapi 1 orang driver yang sanggup sekaligus merangkap sebagai fotografer dan juga tour guide. Selama perjalanan, driver yang sekaligus merangkap guide menceritakan hal-hal apa saja yang berubah secara signifikan sebelum dan setelah letusan dari tahun ke tahun.

(Muhammad Catur Nugraha/d'Traveler)(Muhammad Catur Nugraha/d’Traveler)

Perjalanan dalam Lava Tour ini berpusat di Dusun Kinahrejo, Kabupaten Sleman. Kinahrejo merupakan dusun yang mengalami kerusakan terparah alasannya yaitu paling bersahabat dengan kawah Gunung Merapi.

Dari lokasi ini wisatawan sanggup melihat bekas amukan sang Merapi. Muntahan lahar panas sang Merapi bahkan meluluhlantakkan Kinahrejo beserta 25 dusun lainnya.

Selain melihat indahnya puncak Merapi, banyak panorama menakjubkan yang sanggup kita lihat di sini. Pemandangan yang dahulu hijau dan sejuk sekarang berkembang menjadi lautan pasir dan batu. Bahkan reruntuhan rumah yang tersapu awan panas (wedhus gembel) masih tampak di kanan dan kiri jalan.

(widipracoyo/d'Traveler)(widipracoyo/d’Traveler)


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.