Robert Muller Kembali Berjaya Di Etape Iii Tds 2017

Posted on


Jakarta – Pebalap asal Jerman, Robert Muller kembali merebut panggung juaranya di etape ketiga Tour de Singkarak (TdS) 2017. Andalan Embrace The World Cycling Team itu bisa menjadi yang terbaik di etape pertama yang finis di Pantai Padang. Muller tercepat di etape ketiga yang menerabas Muaro Sijunjung dan finis di Gelanggang Olahraga, Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (20/11/2017).

Sedangkan etape kedua dikuasai oleh pebalap asal Inggris, Daniel Whitehouse yang memperkuat CCN Cycling Team. Prestasi terbaik untuk pebalap Asia ialah posisi dua yang direbut Khalil Khorshid dari Tabriz di etape dua dan Choon Huat Goh dari Terengganu Cycling Team di etape ketiga.

Prestasi yang diraih oleh Robert Muller di etape ini memang membutuhkan kerja keras alasannya ialah rute ini ialah yang terpanjang di balapan. Total jarak yang ditempuh ialah 161,3 km dengan waktu 04:03:59.

Hasil ini eksklusif disambut dengan gembira, mengingat Muller terus berusaha memimpin perlombaan semenjak dilepas di Muaro Sijunjung. Lintasan yang cenderung datar memang menjadi andalan pebalap dengan nomor start 122 ini. Terbukti, ketika rute tanjakan ibarat di etape dua, ia tertinggal cukup jauh.

“Ini kemenangan kedua aku di Tour de Singkarak. Sangat tidak gampang untuk meraih hasil ini. Apalagi cuaca cukup panas disepanjang perjalanan. Namun aku banyak terhibur masyarakat di sepanjang lintasan,” kata Robert Muller usai perlombaan.

Hingga etape ketiga ini, yellow jersey atau puncak klasemen umum tetap dipegang oleh pebalap asal Iran yang memperkuat Tabriz Shahrdary Team, yakni Ghader Mizbani dengan total catatan waktu 10:41:56. Sedangkan Muller berhak memegang green jersey (raja sprint) sehabis mengumpulkan 47 poin.

Untuk predikat raja tanjakan sampai etape ketiga masih dipegang oleh pebalap Tabriz Shahrdary Team Khalil Khorsid dengan 15 poin. Sedangkan untuk predikat pebalap Indonesia tercepat (white jersey) tetap dipegang oleh Jamal Hibatulloh dari KFC Cycling Team dengan total waktu 10:49:29.

“Untuk hari ini kami memang melepas. Tapi satu temen kami bisa terlepas dari menyodok ke depan. Yang terang aku akan terus berusaha lebih baik lagi di etape empat,” kata Jamal Hibatulloh.

Meski cuaca cukup terik, antusias masyarakat Dharmasraya untuk menyaksikan kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata ini cukup tinggi. Terbukti disepanjang jalan berjajar masyarakat maupun siswa dari semua tingkatan bangkit berjajar di tepi jalan.

Begitu juga dengan pemerintah tempat setempat yang menyiapkan agenda khusus untuk menyambut pebalap dari 29 negara ini. Berbagai kesenian tempat ditampilkan mulai dari tari, seni reog, sampai pergelaran musik yang terus menjadi pantauan.

Berbicara perihal Kabupaten Sijunjung, tentu akan teringat dengan buah khasnya, yaitu lansek (langsat). Kabupaten yang merupakan induk pemekaran dari Kabupaten Dharmasraya ini juga mempunyai banyak potensi objek wisata yang sanggup diandalkan. Salah satu yang paling dikenal di Sijunjung ini ialah perkampungan watak Nagari Sijunjung.

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy berharap perkampungan watak Nagari Sijunjung yang ketika ini tercatat sebagai warisan nasional bisa menjadi tujuan wisata dunia.

“Kami berharap Kementrian Pariwisata RI merevitalisasi Perkampungan Adat Nagari Sijunjung. Meski telah ditetapkan sebagai warisan nasional, kami berharap bisa tercatat di UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Sehingga bisa menjadi tujuan wisata dunia,” kata Arrival Boy ketika pelepasan etape III TdS 2017 di depan Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Selain perkampungan watak Nagari Sijunjung, kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih juga mempunyai aneka macam objek wisata lainnya seperti, wisata alam, religi dan wisata sejarah. Bahkan, rute yang dilewati, ibarat Perkampungan Adat Nagari Sijunjung merupakan kekayaan budaya Kabupaten Sijunjung yang sudah mendapat Surat keputusan (SK) warisan nasional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Mudah-mudahan event TdS menjadi dongeng nasional dan dunia internasional dan dibutuhkan sanggup meningkatkan pariwisata di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat dan Indonesia,” ucapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan Perkampungan Adat Nagari Sijunjung ialah representasi perkampungan dan masyarakat Matrilineal Minangkabau. Sebagai suatu perkampungan adat, wilayah ini dihuni oleh suku-suku orisinil yang terdiri dari suku induk dan anak suku berjumlah 9. Suku-suku ini masih menjalankan dengan baik sistem organisasi sosial berdasarkan garis keturunan Ibu (matrilineal).

Menpar Arief Yahya mengatakan, ketika ini wisata budaya di Indonesia gres berkembang di sejumlah kota, di antaranya Solo, Yogyakarta, Jember dan Malang. Daerah di luar pulau Jawa hanya Bali yang paling gencar menyebarkan wisata budaya.

“Saya berharap semua tempat memaksimalkan pengelolaan Wisata tradisi dan seni budaya. Tujuan jangka pendek yang ialah keberhasilan (quick win), berupa meningkatnya jumlah wisatawan (terutama wisatawan mancanegara) dan laba finansial masyarakat lokal. Ini yang akan kita maksimalkan,” kata Arief.

Menpar mengapresiasi Kabupaten Sijunjung yang memperkenalkan wisata budayanya di event TdS 2017 ini. Menurut dia, kemampuan menyebarkan aset warisan budaya sangat perlu ditingkatkan. Dirinya juga terus mendorong biar pemerintah tempat (Pemda) menggarap secara optimal wisata budaya di daerahnya.

“Padahal 60 persen kunjungan wisatawan dari aneka macam bagian negara ke Asia Tenggara alasannya ialah daya tarik wisata budaya. Kita nggak bisa bekerja sendirian, semua harus bersatu. Untuk benchmarking-nya bisa melihat Vietnam, Thailand dan Malaysia. Mereka sangat serius menggarap budaya. Hasilnya ternyata sangat dahsyat. No Culture No Tourism,” ujar Arief.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.