Rasakan Kehidupan Ala Pedesaan Di Desa Wisata Pulesari

Posted on

(Foto: Facebook Desa Wisata Pulesari)

Yogyakarta Ada suasana khas yang akan Anda rasakan dikala berkunjung ke Pulesari, Wonokerto, Turi, kabupaten Sleman, Daerah spesial Yogyakarta.

Di sana, air sungao yang jernih mengalir indah di sungai. Pohon-pohon salak pondoh tumbuh merata di semua kebun warga. Rumah-rumah warga berjajar memanjang dipisahkan oleh jalan aspal yang mulus. Sapaan ramah dari warga. Gunung Merapi pun tampak kokoh bangun begitu dekat, serasa hanya berada di ujung jalan.

Para warga memang ingin mengembangkan kebahagiaan tinggal di Lereng Merapi, di ketinggian 400-900 meter di atas permukaan laut. Karena itulah pada 9 November 2012 mereka setuju meluncurkan Pulesari sebagai Desa Wisata Budaya dan Tradisi..

Di daerah ini, penduduknya masih mempunyai tradisi dan budaya yang masih asli. Ada kegiatan rutin tradisi tahunan, adalah Upacara Adat Pager Bumi yang selalu dilaksanakan setiap Bulan Safar Rabu Pungkasan. Ada juga kesenian lokal, ibarat Kubro Siswo, Tari Salak, jathilan, dan karawitan.

Beberapa faktor pendukung, ibarat makanan khas, sistem pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah daerah desa wisata. Sedikit polesan, penambahan sarana dan prasarana bermain, serta dipercantiknya lingkungan berhasil mengubah Pulesari sebagai Dewi Pule. Desa Wisata Pulesari.

Sungai jernih yang hanya berjarak 200-300 meter terpisah jalan dan kebun salak sekarang dilengkapi dengan sarana outbond, fun fame, dan trekking. Ada juga wisata memetik salak dan paket wisata mengolah salak menjadi aneka macam produk olahan.

“Ada 12 olahan salak yang dikembangkan di sini. Di antaranya dodol salak, bakpia, wingko, enting-enting, kerupuk, nastar, madumongso, bakwan, sambal, oseng-oseng, nogosari, dan kolak,” ujar Didik Irwanto, Ketua Desa Wisata Pulesari.

Apa yang disajikan Dewi Pule ternyata sangat diminati. Ratusan orang mulai dari belum dewasa SD, siswa Sekolah Menengah Pertama dan SMA, para mahasiswa maupun pekerja kantoran, berdatangan ke Pulesari. Ada yang hanya satu hari beraktivitas di sini, banyak pula yang menginap. Dengan 46 homestay yang ada, 600 orang rombongan pun sanggup di tampung di Dewi Pule.

Sejumlah paket ‘bermain’ maupun live in dengan harga yang sangat ekonomis sanggup didapat di Dewi Pule. Sewa satu homestay untuk 10 orang ditawarkan dengan harga Rp 150 ribu ( hanya Rp 15 ribu per orang). Ada juga yang satu kamar Rp 50 ribu untuk dua orang.

Paket bermain atau satu hari di Pulesari mulai dari Paket Tradisi seharga Rp 50 ribu (minimal 25 pax) sampai yang seharga Rp 100 ribu (minimal 25 pax). Tersedia juga paket one day tour seharga Rp 50 ribu dengan kemudahan welcome drink (jahe sereh), snack 1x, fun game, ice breaking, outbound, bumbung bocor, jembatan goyang, titihan bambu, serta makan dan minum sekali.

Ada juga Paket Live In yang menyediakan Paket Tradisi seharga Rp 175 ribu ( minimal 25 pax) sampai harga Rp 265 ribu (minimal 25 pax). Paket seharga Rp 175 ribu ini sangat murah dengan kemudahan welcome drink, snack 2x, makan-minum tiga kali (malam, pagi, siang), pertunjukan seni, menginap di homestay, senam, outbound, bumbung bocor, jembatan goyang, dan titihan bambu.

Kunjungi Pulesari dan rasakan sendiri suasana pedesaan yang masih orisinil dengan berinteraksi pribadi bersama masyarakat sekitarnya.

Ada enam pendopo yang tersebar di desa wisata ini. Pendopo-pendopo inilah yang digunakan untuk kegiatan tamu. Makan bersama untuk tamu juga disediakan di pendopo-pendopo ini. Makanan untuk tamu disiapkan oleh ibu-ibu kelompok Dasa Wisma.

“Jadi semuanya terlibat alasannya Desa Wisata Pulesari memang dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Pariwisata harus menyejahterakan warga,” tegas Didik.

Banyak alasan untuk tiba dan menginap di Dewi Pule, desa wisata yang pernah mendapat Juara I Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2014. Dewi Pule juga merupakan salah satu perwakilan dari Yogyakarta berpartisipasi dalam mengikuti Community Based Tourism (CBT) Award ASEAN.

Menpar Arief Yahya tambah yakin bahwa Sleman Yogyakarta sanggup melompat lebih tinggi dalam memajukan desa wisata dengan homestay-nya. Kesadaran sebagai Kota Wisata, Kota Seni Budaya, dan Kota Pendidikan sangat kuat.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.