Peternakan Ayam Jadi Kontroversi Di Geopark Gunung Sewu

Posted on

Foto: (Istimewa/Cahyo)

Gunungkidul – Gunung Sewu merupakan tempat geopark di Gunungkidul dan sudah diakui UNESCO. Sayang, sedang ada kontroversi di sana soal didirikannya peternakan ayam.

Hal tersebut disampaikan oleh Cahyo Alkantana. Salah satu tokoh pariwisata yang kental dengan wisata petualangan, sekaligus sebagai pengelola Gua Jomblang dan tempat Geopark Gunung Sewu di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

“Ternyata di tempat Geopark Gunung Sewu sedang didirikan persemaian ayam (peternakan ayam) dengan luas 20 hektar di area wisata Desa Pacarejo yang mempunyai tempat wisata Kalisuci, Gua Jomblang dan Telaga Jonge. Juga mempunyai jumlah gua di sekitarnya ada lebih dari 70 gua,” paparnya kepada detikTravel, Senin (10/9/2018).

Cahyo membagikan foto-foto pembangunan peternakan ayam tersebut. Dia sungguh menyayangkan, lantaran pembangunannya berada di area Geopark Gunung Sewu yang mana alamnya sangat amat dijaga.

Peternakan Ayam Makara Kontroversi di Geopark Gunung SewuFoto: (Istimewa/Cahyo)

“Posisi sangkar berada di bundar 1 zona inti Gunung Sewu, juga zona inti wisata gua-gua dan telaga karst. Posisi sangkar merupakan pertemuan 4 sungai utama bawah tanah yaitu Sumuluh Seropan, Jomblang Grubugg, Bribin dan Ngingrong,” terang Cahyo.

“Nanti, pembuangan limbah akan mengalir ke sungai-sungai bawah tanahnya yang mana sungai itu sudah dimanfaatkan untuk sumber air minum dan acara wisata. Bisa rusak semuanya,” tambah Cahyo.

Peternakan Ayam Makara Kontroversi di Geopark Gunung SewuFoto: (Istimewa/Cahyo)

Menurut Cahyo, peternakan ayam dengan nama PT Widodo Makmur Unggas tersebut belum mendapat izin. Cahyo bersama timnya sudah bergerak ke Pemerintah Daerah Gunungkidul tapi karenanya masih nihil.

“Itu belum ada izinnya tapi sudah ada pembangunan fisik. Apalagi sudah memotong sekitar 5 conical karst untuk mendapat lahan yang rata,” keluh Cahyo yang juga merupakan Ketua Asosiasi Wisata Goa Indonesia (ASTAGA).

Simak video Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu Makara Polemik


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.