Peserta Mancanegara Balap Lari Rinjani 100 Meningkat

Posted on

Foto: dok. Kemenpar

LombokAgenda sport tourism memang tak perlu diragukan lagi dalam mendatangkan wisatawan mancanegara. Bukitinya agenda sport tourism Rinjani 100 berhasil menggaet ratusan pelari dari dalam dan luar negeri.

Acara yang akan digelar pada 5 Mei 2017 mendatang akan diselenggarakan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebanyak 497 pelari dari dalam dan luar negeri dipastikan memeriahkan Rinjani 100.

“Peserta yang daftar telah mencapai 497 pelari, terdiri atas 302 pelari domestik dan 195 pelari luar negeri antara lain Australia, Austria, Cina, Perancis, Jepang, Slovakia, Romantis, Rusia, sampai Irlandia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal, Selasa (2/5/2017).

Peningkatan akseptor terjadi di tahun ini, yakni bertambah sebanyak 97 peserta. “Rinjani 100 jadi agenda Calender of Event dari tahun ke tahun. Jumlah akseptor juga terus meningkat. Ini bukti Rinjani 100 diminati penggemar,” papar Faozal.

Medan balap lari Rinjani 100 terbulang sulit. Untuk kategori 100k, lintasan dimulai dari Desa Senaru, Bayan melewati hutan lebat menuju Pelawangan Senaru, diteruskan menuruni tebing-tebing terjal menuju Danau Segara Anak.

Setelahnya, akseptor akan melanjutkan lintasan menuju Pelawangan Sembalun dan melintasi trek curam menuju puncak Gunung Rinjani. Peserta lalu turun ke Desam Sembalun, Lombok Timur melewati perbuktian tinggi dan padang sabana yang belum terjamah.

“Rinjani punya keunikan dan diminati komunitas sport tourism, ini motivasi kita menjaga Rinjani lebih baik dari sisi pengelolaan dan kelestarian alam,” tukas Faozal.

Peserta akan mendapat pengalaman balap lari yang berbeda sebab akan menghadapi lautan pasir vulkanik dengan pemandangan pegunungan, lembah, dan sabana yang indah.

“Totalnya, ada 13 check point dan dua tempat pemberhentian yang harus dilewati akseptor untuk finish dalam cut of time waktu 36 jam,” tambahnya.

Acara Rinjani 100 menggandeng partner Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), KONI NTB, Polda NTB, dan sejumlah komunitas pendaki di TNGR.

Faozal berharap, program yang sudah digelar semenjak 2012 ini semakin mendorong pengembangan wisata olahraga yang sedang digencarkan oleh Pemerintah Provinsi NTB.

Rinjani 100 yakni program balap lari yang berbeda sebab akseptor akan mendapat pemandangan alam yang sangat indah. Salah satunya dapat mendapat pengalaman menjelajah trek bukit Sembalun, daerah yang gres saja menyabet gelar World Best Halal Honeymoon di ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 di Abu Dhabi, UEA.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi program Rinjani 100 sebab semakin meningkatkan pesona Mandalika yang letaknya tak jauh dari Rinjani. Mandalika termasuk 10 destinasi prioritas selain Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah-Jogja, Bromo Jawa Timur, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra, dan Morotai Malut.

“Semoga Pamor wisata Lombok makin berkibar. Kebetulan susukan menuju Lombok sudah makin mudah. Garuda Indonesia akan membuka penerbangan eksklusif Lombok-Guangzhou, Tiongkok dengan frekuensi penerbangan 2 kali seminggu. Untuk rute domestik, Garuda akan menambahkan frekuensi penerbangan rute Lombok-Yogyakarta dan Lombok-Ujung Pandang dari sekali seminggu menjadi dua kali seminggu,” terperinci Arief Yahya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.