Pentingsari, Penglipurannya Bali Yang Bakal Mendunia

Posted on


YogyakartaKunci sukses pariwisata ada di pelayanan yang berstandar internasional. Meskipun alam dan budayanya kuat, namun bila tidak disertai hospitality dan pelayanan yang prima, tidak akan ada pengaruh signifikan yang dirasakan dari sektor pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mencontohkan Bali. Masyarakat di Bali memang populer ramah. Pelayanan hotel dan destinasi pariwisatanya bagus, bahkan sudah berstandar internasional.

“Maka pariwisata Bali itu hidup dan terus berkembang. Daerah lain, sanggup benchmark dengan Bali untuk berguru service excellent,” kata Arief.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman juga sanggup mencontoh Bali untuk berguru meningkatkan layanan. Termasuk dalam pengelolaan homestay menyerupai Desa Wisata Penglipuran, Bali yang sudah juara dunia.

Ketua Pokdarwis Pentingsari Doto Yogantoro mengatakan, layanan 55 homestay juga sedang dinaikkan keahlian dan servisnya biar berstandar dunia.

Salah satu langkahnya dengan mengikuti workshop standardisasi layanan terkait online marketing, leadership, dan team building yang difasilitasi Bank Central Asia (BCA) belum usang ini.

“Hal ini penting biar Pentingsari sanggup menjadi wisata unggulan,” jelas Doto.

Dia menambahkan, workshop itu tidak hanya berkutat dengan materi. Agenda itu juga dilakukan secara kontinu.

“Selama tiga bulan nanti ada tim yang menilai tanpa diketahui pengelola. Mereka akan menilai ada tidak peningkatan layanan usai workshop,” sambungnya.

Hasil penilaian akan dibeber pada Desember mendatang. Penilaiannya mencakup beberapa aspek, mulai dari pelayanan, kebersihan, kerapian sarana dan prasarana, serta masakan yang disajikan.

“Jadi, penilaian tidak hanya fisiknya, tetapi juga pelayanannya. Bagaimana pengelola menghadapi tamu atau pemesan juga termasuk yang dinilai,” katanya.

Di sisi lain, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Jogjakarta Saswito Tjoe mengatakan, workshop tersebut dilakukan melalui corporate social responsibility (CSR) bagi desa binaan. Workshop bertujuan memfasilitasi pelatihan dan pemberdayaan komunitas lokal, khususnya pengelola homestay Desa Wisata Pentingsari.

“Kami ingin pelatihan ini menjadi aliran dalam menghadirkan pelayanan yang unggul kepada wisatawan,” kata Saswito.

Menurut Saswito, homestay harus dikelola secara profesional sebab Yogyakarta merupakan destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

“Kunjungan wisata ke sini juga cukup banyak. Terbukti, pendapatan atau omzetnya tembus sampai Rp 2 miliar per tahunnya,” ujar Saswito.

Sementara itu, Executive Vice President BCA Inge Setiawati mengungkapkan bila pengelola homestay harus memberi layanan ekstramaksimal biar tamu bersedia menjadi repeater.

“Fasilitas penunjang juga harus dibenahi biar keunggulan wisata alamnya sejalan dengan kelebihan layanan dari masyarakat. Dukungan ini juga biar pendapatan masyarakat sanggup bertambah,” kata Inge.

Inge melanjutkan, perseroan akan menunjukkan proteksi edukasi, pendampingan, dan evaluasi. Salah satu bank raksasa Indonesia itu juga akan menunjukkan apresiasi sesudah penilaian. Tak hanya itu, pemilik homestay juga menerima proteksi alat kebersihan.

Sedangkan dana pengembangan Rp 2,5-10 juta tidak diberikan secara eksklusif kepada pemilik. Dana pengembangan akan diberikan sesuai rencana anggaran yang dibentuk pemilik bersama para pengelola.

“Kami akan membentuk tim penilai yang memilih pemilik homestay terbaik di setiap kategori. Tim juga akan memberi apresiasi bagi pemilik yang paling banyak melaksanakan perubahan,” kata Inge.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.