Pendakian Merapi Masih Ditutup, Tapi Kaliurang Kondusif Dikunjungi

Posted on

Tlogo Putri di Kaliurang (Ristu Hanafi/detikcom)

Sleman – Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali membuka objek wisata. Beberapa sudah kondusif dikunjungi, termasuk daerah Kaliurang.

Sebelumnya, Balai TNGM menutup objek-objek wisata di daerah TNGM sebab adanya peningkatan acara Merapi. Berdasarkan surat edaran Balai TNGM yang diterima detikTravel tertanggal 31 Mei 2018, berisi ihwal Pembukaan Objek Wisata di Kawasan TNGM.

“Merujuk rekomendasi dari BPPTKG perihal acara Gunung Merapi pada tingkat waspada level II dan batas acara penduduk pada radius 3 km, serta memperhatikan kondisi lapangan dimana objek wisata alam yang berada di luar radius 3 km dan imbas bubuk vulkanik sudah berkurang, maka objek wisata dalam daerah TNGM dibuka kembali untuk acara pengunjung dengan mematuhi hukum dan ketentuan yang ditetapkan,” tulis surat edaran tersebut yang ditandatangani oleh Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati, Kamis (31/5/2018).

BACA JUGA: Beberapa Objek Wisata di Gunung Merapi Kembali Dibuka

Sebelumnya, objek wisata di daerah Merapi telah ditutup ketika letusan freatik Gunung Merapi pada 11 Mei 2018 secara evaluatif. Kemudian penutupan dilanjutkan tertanggal 22 Mei 2018.

“Sedangkan untuk jalur pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin maupun dari Selo hingga sekarang masih ditutup untuk umum,” kata Koordinator Data dan Informasi Balai TNGM, Susilo Ari Wibowo ketika dihubungi detikTravel.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan mengimbau wisatawan yang berkunjung biar tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Kawasan wisata Kaliurang kondusif dikunjungi meski status acara Merapi waspada. Tapi para pengunjung kita imbau tetap dengan kewaspadaan ketika berwisata, Posko Utama BPBD Sleman siap mengawal dan mendampingi. Bila ada perubahan acara Merapi segera kami sampaikan,” ujarnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.