Pasca Kedatangan Obama, Kemenpar Siapkan Sales Mission Di As

Posted on

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Candi Prambanan (Foto: Kemenpar)

Jakarta – Masyarakat Indonesia tentu masih mengingat momen berlibur mantan Presiden Amerika Barack Obama. Momentum itu pribadi disikapi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam denah berpromosi.

Kemenpar akan menggelar Sales Mission (SM) atau Misi Penjualan di dua kota sekaligus. Pertama di New York pada (25/7/2017), kemudian di Boston pada (27/7/2017).

“Perhitungan kami waktu puncak kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) Amerika ke Indonesia khususnya pada liburan trend hambar atau Desember,” kata Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/7/2017).

“Biasanya mereka menuju ke negara yang lebih hangat, salah satunya daerah Asia Tenggara. Nah, kebetulan momentum endorser Barack Obama masih sangat terasa, kami manfaatkan ini dengan maksimal,” ungkapnya.

Kata Pitana, SM itu rencananya dilaksanakan di New York tepatnya di Ruang Pancasila KJRI New York. Sementara di kota Boston akan digelar di The Fairmont Copley Plaza Hotel Ballroom Boston.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kemenpar Nia Niscaya menambahkan, pasar Amerika merupakan 10 pasar utama pariwisata Indonesia. Pasar itu mengatakan potensinya dengan peningkatan wisman 251.221 pada 2015.

Nia menambahkan, pada 2016, sasaran untuk pasar Amerika Serikat adalah 310 ribu. Sepanjang 2017, sektor pariwisata dibutuhkan bisa menarik 15 juta wisman. Jumlah itu termasuk wisman dari Amerika 361 ribu untuk meningkatkan pengunjung menjadi 20 juta pada 2019.

“Kenapa kami menentukan kedua kota tersebut ? Karena wilayah Pantai Timur Wilayah Amerika Serikat ini mempunyai konektivitas nomor dua terbanyak, sesudah Los Angeles, ke destinasi Indonesia. Makara akan kami sasar terus mereka biar terus bertambah datang,” katanya.

Nia juga memaparkan, dalam kegiatan Misi Penjualan ini, Kemenpar membawa delapan industri dari Bali, Jakarta, dan Samarinda untuk aktivitas kegiatan Business to Business (B to B) meeting untuk memperkenalkan dan menjual destinasi, serta produk pariwisata Indonesia.

Kedelapan industri itu antara lain Panorama Destination, Voyage 2 Paradise, Travel Registry Inc., Doyantravel, CNT Travel, Bali Flores Adventure, PT Trans Borneo Adventure Tours dan Travel Hanging Gardens of Bali. Selain itu juga bekerja sama dengan satu maskapai penerbangan adalah Emirates Airlines.

“Jadi kami juga dibantu oleh KJRI New York dan bekerja sama dengan Emirates Airlines,” ujar perempuan yang murah senyum itu.

Setiap industri nantinya akan mempromosikan napak tilas Barack Obama ketika berkunjung ke Indonesia. Tidak hanya itu, Kemenpar dan industri itu telah mempersiapkan misi penjualan destinasi Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Dalam event itu juga akan dipromosikan 10 branding Kemenpar.

“Karena apa yang telah dilakukan Obama ketika liburan, akan kami tawarkan kembali ke para buyers yang nanti akan hadir,” ujar perempuan yang menguasai empat bahasa absurd itu.

Nia menambahkan, untuk meningkatkan kegiatan selling, Kemenpar berencana akan bekerja sama (Co-Promotion) dengan Emirates Airlines. Nantinya akan dipromosikan destinasi Indonesia dalam bentuk iklan di majalah penerbangan (inflight magazine).

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengungkapkan pendapatnya. “Kami memang sudah fokus kepada selling. Nah, rangkaian kegiatan branding, advertising, dan selling ini dibutuhkan bisa menjadi trigger bagi wisman Amerika Serikat untuk menentukan Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan. Apalagi pasca kedatangan Obama ke Tanah Air kita,” ujarnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.