Pantai Timang Sekarang Yang Mahal Dan Membingungkan

Posted on

Foto: Gondola Pantai Timang di Gunungkidul (aryamartin/dTraveler)

Jakarta – Pantai Timang termasuk destinasi terkenal di Gunungkidul. Namun untuk menjajal aneka acara di sana, traveler perlu merogoh kocek yang tidak sedikit.

Pantai Timang berlokasi di Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan gondolanya yang mengatakan sensasi memacu adrenalin buat para traveler. Tahun lalu, pemain film sekaligus bintang reality show, Lee Kwang Soo, sempat menjajal naik gondola tersebut, dan aksinya tayang di Running Man episode 371.

Wisata di pantai ini pastinya seru, pemandangannya juga menawan. Tapi rupanya butuh biaya yang sanggup dibilang tidak sedikit kalau mau puas wisata di sini.

Meskipun tidak ada tiket masuk, traveler harus membayar untuk mengunjungi spot-spot yang ada. Pembayarannya tidak cukup sekali untuk sanggup semua spot, melainkan membayar masing-masing, tergantung spot mana yang didatangi.

Hal ini diungkapkan oleh travel blogger dan selebgram, Febrian. Ia gres saja mengunjungi Pantai Timang, dan problem pembayaran yang tidak satu pintu dirasa kurang mudah buat pengunjung.

“Kalau berdasarkan saya pribadi, pengalaman saya di situ, jadi membingungkan untuk wisatawan yang tiba ke sana,” kata Febrian dalam perbincangan via telepon dengan detikTravel, Kamis (17/5/2018).

Nah traveler yang mau ke Pantai Timang, sekitar 3 km sebelum pantai harus naik jeep dengan biaya sekitar Rp 350 ribuan atau ojek Rp 50 ribu alasannya yaitu jalannya cukup rusak. Setibanya di pantai saatnya traveler menentukan mau melaksanakan acara apa.

BACA JUGA: Lee Kwang Soo Naik Gondola di Pantai Timang, Begini Ekspresinya

“Pas lagi mau ke bawah ada kayak pondokan kecil gitu kalau mau duduk bayar 20 ribu. Sudah hingga bawah kalau mau naik gondola, di sebelahnya kalau nggak salah kayu kecil gitu bayar lagi 5 ribu kalau mau foto di situ,” ujar Febrian.

“Terus kalau misalkan naik gondola 150 ribu untuk PP. Harga bule dibedain lagi kalau nggak salah. Mau naik jembatan ke sisi bebatuan di pulau kecil itu juga bayar 100 ribu PP,” imbuhnya.

Jembatan tersebut menjadi alternatif bagi traveler yang ingin menyeberang dari pantai ke Pulau Pulau Watu Panjang atau Pulau Timang, tanpa naik gondola. Selain itu ada lagi spot jembatan lain, di mana traveler kalau mau berfoto di sana biayanya Rp 30 ribu.

BACA JUGA: Cahaya Surga yang Terkenal di Gua Jomblang, Gunungkidul

Agar lebih praktis, berdasarkan Febrian sebaiknya untuk pembayaran wisata pantai yang dikelola masyarakat ini dilakukan sekali dengan tarif yang sudah ditentukan, untuk sanggup ke banyak sekali spot. Sedangkan khusus untuk gondola, menurutnya masih masuk akal kalau dimintai suplemen biaya lagi.

“Menurut saya harus ada campur tangan pemerintah untuk sosialisaasi daerah itu, agar masyarakatnya lebih sadar wisata lagi. Kaprikornus wisatawan yang tiba ke sana nggak bingung, kok ini bayar, mau foto bayar, mau naik jembatan bayar lagi,” tutur Febrian.

“Mendingan dikasih 1 tarif untuk biaya pengelolaan segala macem. Misalnya mau ke Pantai Timang bayar 100 ribu atau 50 ribu satu orang tapi sudah untuk semuanya,” imbuhnya.

(HuffyzAsyruff_/Twitter)(HuffyzAsyruff_/Twitter)

Total biaya wisata di Pantai Timang juga dirasa masih tergolong mahal. Meskipun memang objek wisata ini sudah semakin baik dengan spot-spot gres yang dibangun, namun infrastrukturnya masih belum maksimal.

“Kalau misalkan ke area situ, dengan harga segitu, itu sanggup dibilang mahal banget. Makanya sangat disayangkan sekali potensi pariwisata bagus, infrastrukturnya kurang baik,” katanya.

Sebelumnya, pada tamat tahun 2017 lalu, ada pula traveler yang mengeluhkan mahalnya tarif wisata di Pantai Timang, serta belum adanya asuransi atau jaminan keselamatan. Ia menceritakan pengalamannya lewat postingan di akun Facebook Christofani Merentek Tiwa.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.