Pacu Adrenalin Dengan 6 Arung Air Terjun Seru Di Indonesia

Posted on

Foto: Keseruan arung gerojokan di Sungai Elo (Qim Qm/dTraveler)

Magelang – Berwisata olahraga sambil memacu adrenalin lewat arung gerojokan pastinya seru dong. Cobalah menjajal arung gerojokan di 6 sungai Indonesia berikut ini.

Mulai dari Sungai Elo di Magelang hingga Citarik di Sukabumi, sejumlah sungai dengan arus deras yang terkenal di kalangan pecinta olahraga arung jeram. Tingkat kesulitannya pun bervariasi satu sama lain.

Mumpung weekend akan segera tiba, tidak ada salahnya bila Anda berwisata lewat arung jeram. Dihimpun oleh detikTravel, Kamis (15/9/2016) inilah 6 sungai dengan gerojokan yang patut dijajal bersama teman atau keluarga simpulan pekan ini:

1. Sungai Alas, Aceh

(Ramadhian Fadillah/detikFoto)(Ramadhian Fadillah/detikFoto)

Sungai Alas yang terletak di 165 km tenggara Takengon, mengalir dan membelah Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. Sungai ini sangat asyik untuk dikunjungi alasannya yakni keindahan panorama alamnya berupa hutan tropis, dan perkampungan rakyat tradisional yang ada di sepanjang tepian Sungai Alas.

Pengarungan Sungai Alas dimulai dari Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang yang berdekatan dengan Samudera Hindia, rute ini cocok untuk Anda yang masih pemula dalam arung jeram. Khusus untuk para profesional, petualangan menaklukkan arus Sungai Alas sanggup mengambil rute yang lebih jauh, yaitu mulai dari Angusan erat Blangkejeran.

Selama berarung jeram, Anda tidak hanya disambut oleh arus liar, tetapi juga pemandangan indah yang tersaji sepanjang sungai. Jika beruntung, Anda sanggup melihat binatang yang sedang turun minum di tepi sungai, ibarat monyet, gajah, burung dan rusa.

2. Sungai Elo, Magelang

(Qim Qm/d'Traveler)(Qim Qm/d’Traveler)

Berikutnya yakni Sungai Elo yang berada di Desa Pare, Blondo, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Sungai ini tidak jauh dari objek wisata Candi Mendut dan Candi Borobudur. Dari Yogyakarta, Anda sanggup menempuhnya selama sekitar 40 menit.

Jeram-jeram yang dimiliki oleh Sungai Elo yakni jeram-jeram yang mempunyai kelas II hingga dengan III yang cocok untuk pemula. Sungai ini mempunyai jarak 12 km, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam hingga dengan 3 jam.

3. Sungai Kalibaru, Banyuwangi

(Ardian/detikTravel)(Ardian/detikTravel)

Jangan mengaku petualang bila tidak mencoba wisata gres di Banyuwangi, yakni arung gerojokan Glenmore di Sungai Kalibaru. Destinasi wisata gres ini, berdekatan dengan Wisata Waduk Sidodadi, Kecamatan Glenmore.

Derasnya air Sungai Kalibaru Banyuwangi yang merupakan pertemuan pedoman sungai dari kaki Gunung Raung dan Gunung Kumitir, dimanfaatkan oleh sekelompok perjaka yang membentuk provider rafting, G_raft. Mereka menyuguhkan medan menantang untuk diarungi traveler yang suka dengan olahraga air arung jeram.

Tak tangung-tanggung, level medan rafting di Sungai Kalibaru ini yakni grade 3. Batu–batu besar dan lekuk sungai yang berkelok-kelok, menjadi medan menantang bagi traveler. Setidaknya ada 25 gerojokan yang sangat menantang adreanlin di Sungai Kalibiru.

4. Sungai Batang Merangin, Jambi

(BgBowo/d'Traveler)(BgBowo/d’Traveler)

Bagi Anda yang gemar olahraga ekstrem sanggup mencicipi sensasi penggugah adrenalin dengan mengarungi alur Sungai Batang Merangin yang masuk dalam Geopark Merangin.

Uniknya, sambil berarung gerojokan Anda sanggup singgah di tempat tertentu untuk mengamati fosil-fosil yang terdapat di pinggir sungai. Geopark Merangin sendiri merupakan daerah geologi yang mempunyai peninggalan berupa fosil tanaman dan fauna yang telah terbentuk semenjak 200-250 juta tahun.

Perjalanan ke Geopark Merangin sanggup dicapai melalui transportasi darat dari Kota Jambi, Kerinci, Bangko, dan Tebo. Bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Sumatera, penerbangan dari Jakarta ke Kota Jambi, kemudian dilanjutkan memakai transportasi darat dengan jarak tempuh 284 km atau sekitar 4 jam perjalanan.

5. Sungai Citarik, Sukabumi

(Hafidz Al Ghany/d'Traveler)(Hafidz Al Ghany/d’Traveler)

Traveler yang ingin mencoba liburan yang memacu adrenalin di Sukabumi, mungkin sanggup tiba ke Sungai Citarik dan mencoba arung jeram. Sungai Citarik sendiri dikenal sebagai ikonnya wisata arung gerojokan di Jawa Barat.

Bagi yang pemula tiak perlu khawatir, walau menantang sejumlah gerojokan di Sungai Citarik tidak begitu ekstrem. Namun bagi traveler yang menyukai tantangan, tentunya wajib coba arung gerojokan di Sungai Citarik.

6. Kali Serayu, Banjarnegara

(Laras Kartika/d'Traveler)(Laras Kartika/d’Traveler)

Kali Serayu yakni salah satu lokasi arung gerojokan di Banjanegara yang terbagi dalam beberapa track. Setidaknya ada 5 jalur, yakni jalur track terpendek dengan jarak 10 km, kemudian 14 km, 16 km, 18 km dan yang terpanjang yakni 26km.

Kali Serayu terletak di Kabupaten Wonosobo–Banjarnegara. Perjalanannya kira–kira 4 jam dari Yogyakarta dengan melewati gunung Sindoro dan Sumbing yang menyajikan panorama alam pegunungan yang indah.

Semoga artikel di atas sanggup menjadi rujukan bagi traveler yang ingin berwisata simpulan pekan, khususnya untuk Anda yang menyukai tantangan. Ayo buktikan nyali Anda!


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.