Mimpi Gkr Hayu Bikin Museum Keraton Jadi Lebih Modern

Posted on

Gusti Kanjeng Ratu Hayu (Muhammad Ridho/detikTravel)

Jakarta – Gusti Kanjeng Ratu Hayu membenahi sistem lawas wisata Keraton Yogyakarta dengan digital. Tak luput dari itu, museum Keraton Yogyakarta pun akan diremajakan.

Hal itu dikatakan GKR Hayu ketika berkunjung ke kantor Detikcom, Rabu (14/6) lusa kemarin. Untuk mewujudkannya Hayu pun berafiliasi dengan saudaranya.

“Kalau saya mungkin saya kakak-kakak saya scoopnya masih di dalam keraton ya. Mungkin bukan secara kota. Cuma kita kepengen, adik saya kebetulan yang pegang pariwisata. Kaprikornus kita berdua coba bagaimana caranya kita dapat kerja sama untuk merevitalisasi museum,” kata Hayu.

BACA JUGA: GKR Hayu dan Wisata Keraton Yogya yang Goes Digital

Revitalisasi museum kata Hayu untuk mengubah stigma wisatawan kesan lawas di dalamnya. Nantinya akomodasi serba canggih akan tersedia bagi para pengunjung.

“Karena sudah beberapa dekade tidak berubah, begitu-begitu aja. Nah ini kini kita coba di modernisasi. Dari situ mungkin nanti contohnya ada virtual reality, augmented reality, kemarin dibantu dengan camera 360, kita lagi eksplore sih mau dibikin ibarat apa,” urai Hayu.

Ke depan, wisatawan yang tiba ke Yogya tak hanya menikmati akomodasi digital dari keraton saja. Bagi yang memiliki urusan ke museum pun akan dipermudah dengan adanya inspirasi ini.

“Kalau digitalisasi bukan hanya dari daerah saya nih. Kaprikornus saya sendiri lakukan menyajikan informasi yang selama ini kita capture tangkap, kalau arsip itu dipegang adik saya,” kata Hayu.

“Mereka ada juga digitalisasi naskah-naskah kuno. Hopefully, contohnya website sudah jadi, ibarat British Museum. Koleksinya available online cuma memang masih jauh, masih jauh. Cuma kita mau ke arah sana. Mungkin bukan hanya dari turis, jadi public service juga,” pungkas dia.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.