Merapi Erupsi Freatik, Kadis Pariwisata: Tak Perlu Khawatir Berkunjung Ke Yogya

Posted on

Kondisi Gunung Merapi terkini (dok BPPTKG)

Magelang – Merapi yang tengah erupsi freatik turut menjadi perhatian traveler yang ingin liburan ke Kota Gudeg. Dijelaskan oleh Kadispar DIY, traveler tidak usah khawatir.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta meminta wisatawan yang akan atau sedang berlibur di Yogyakarta untuk tidak khawatir. Menurutnya, meski Merapi mengalami erupsi freatik namun kota budaya ini masih kondusif dikunjungi.

“Tidak perlu khawatir, tidak perlu takut ke Yogya,” kata Aris ketika dihubungi detikTravel, Rabu (23/5/2018).

BACA JUGA: Abu Merapi Mengguyur Borobudur, Stupa Candi Belum Akan Ditutup

Aris menyarankan jikalau ada wisatawan yang sudah usang berencana berlibur ke Yogyakarta untuk tetap melanjutkan planning tersebut. Sebab, sangat banyak destinasi wisata yang dapat dipilih di wilayah Yogyakarta.

“Yogya kan banyak destinasi, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata buatan. Wisata buatan banyak sekali, semuanya menarik. Makara jangan hanya terpaku dengan Kaliurang dan Lava Tournya,” ungkapnya.

Aris melanjutkan, BPPTKG Yogyakarta telah menetapkan radius tiga kilometer dari puncak Merapi sebagai daerah terlarang untuk dikunjungi. Sementara masih banyak objek wisata di luar puncak Merapi yang kondusif didatangi.

“(Objek wisata) di Gunungkidul, Kulon Progo, Bantul, Yogyakarta tidak ada sesuatu yang sekiranya dianggap mengkhawatirkan. Kemudian Sleman itu kan banyak yang dapat dikunjungi di luar Kaliurang, umpamanya ada Tebing Breksi dan Candi Ijo,” paparnya.

Meski demikian, kata Aris, pihaknya dalam waktu bersahabat akan berkordinasi dengan pemerintah kota dan kabupaten di DIY. Langkah tersebut diambil untuk membicarakan dilema kepariwisataan pasca letusan freatik di Gunung Merapi.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.