Menpar Serahkan Penghargaan Ke Pelaku Pariwisata Asean

Posted on

Menteri Pariwisata Arief Yahya memperlihatkan penghargaan ASEANTA Awards (Foto: Kemenpar)

Jakarta – Para pegiat dan pelaku wisata pariwisata di negara-negara anggota ASEAN mendapat apresiasi berupa penghargaan dari induk asosiasi pariwisata ASEAN. Menteri Pariwisata Arief Yahya turut hadir pada ajang kompetisi bergengsi yang dilaksanakan tiap tahunnya ini.

Penghargaan tersebut diserahkan di program The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 digelar di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Ia juga memperlihatkan welcoming remarks dan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang ASEANTA Awards.

Nominasi yang dikompetisikan dibagi menjadi 6 kategori. Antara lain Best ASEAN Travel Article, Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Marketing and Promotional Campaign, Best ASEAN New Tourism Attraction, Best ASEAN Airlines Program, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.

“ASEANTA Awards umumnya diserahterimakan kepada para pemenang bersamaan dengan ASEAN Tourism Forum (ATF) di awal tahun, tapi kali ini diselenggarakan secara khusus,” ujar Sekjen DPP Astindo Pauline Suharno.

Acara Gala Dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence and Post Tour 2017 dihadiri 350 undangan. Antara lain pimpinan ASEANTA ialah Deputy President Sam Cheah, Secretary General of ASEANTA Margaret Heng, dan Treasury of ASEANTA Supawan Tanomkieatipume. Turut hadir pula para duta besar negara sahabat, General Secreatary of ASEAN Country, pajabat dari instansi terkait, asosiasi pariwisata, perwakilan airlines, serta para nominator.

“Untuk penerima dari luar negeri jumlahnya mencapai 140-an orang dari negara-negara ASEAN. Sedangkan untuk penyerahan award tamu seruan mencapai 350 orang,” tambahnya.

Arief memperlihatkan apresiasi penyelenggaraan The 30th ASEANTA Awards for Excellence and Post Tour 2017 dengan menentukan Indonesia sebagai tuan rumah. Menurutnya, aktivitas ASEANTA Awards sangat penting dalam memicu para pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN untuk senantiasa melaksanakan pembaruan dalam kemajuan bersama sektor pariwisata ASEAN.

“Kemenangan dalam ASEANTA Awards ini akan mendongkrak level 3C. Confidence atau rasa percaya diri internal, credible atau semakin dipercaya orang eksternal, dan calibration dalam mendekatkan pada standar global di antaranya ditetapkan dalam standar pariwisata ASEAN,” jelasnya.

Ia menambahkan, aktivitas branding Wonderful Indonesia secara masif ke seluruh bagian dunia, terutama negara-negara sebagai pasar utama Indonesia, mendapat sambutan masyarakat internasional. Hal ini dibuktikan selama 2016, Wonderful Indonesia mendapat 46 penghargaan internasional dari 22 negara. Di antaranya tiga penghargaan dari ASEANTA Awards 2016 (Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Travel Article, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort).

“Kampanye branding Wonderful Indonesia telah meningkatkan performance Indonesia. Hal ini terlihat dari popularitas Wonderful Indonesia melonjak dari status tidak tercatat menjadi ranking 47 dunia, sedangkan Truly Asia (Malaysia) dan Amazing (Thailand) masing-masing berada di posisi 83 dan 97 dunia,” paparnya.

Ia menargetkan branding Wonderful Indonesia menyapu higienis 5 kategori dalam ASEANTA Award 2017. Untuk merebut 5 kategori itu, Indonesia mengikutkan 28 karya yang siap bersaing dengan negara lain.

“Sebanyak 28 karya terbaik, semuanya world class telah kita daftarkan. Kita ikut 5 dari 6 kategori yang diperlombakan. Do the best, saatnya sapu bersih,” katanya.

Kegiatan ASEANTA Awards didahului dengan ASEANTA Meeting yang diikuti para asosiasi pelaku bisnis pariwisata negara ASEAN. Di antaranya AHRA, airlines, FATA, dan ASEANTA Board Members yang berlangsung di Hotel Hermitege, Jakarta pada 6-7 Agustus 2017. Kemudian dilanjutkan jamuan makan malam dari Pemprov DKI Jakarta dengan top agent airlines, media, dan ASEANTA Board di Balai kota Jakarta.

Perlu diketahui, tahun ini pariwisata Indonesia menargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019. Untuk mencapai sasaran tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar memanfaatkan momentum program ASEANTA Awards 2017 dengan menyelenggarakan Famtrip demi mempromosikan Wonderful Indonesia.

Famtrip tersebut diikuti 84 penerima dari travel agent atau tour operator dan media dari ASEAN ialah China, Hong Kong, Malaysia, Jepang, Kuwait, UEA, Bangladesh, dan India. Kemudian ada perusahaan airlines Garuda Indonesia, Thai Airways, Singapore Airlines, Philippine Airlines, Royal Brunei, dan Air Asia. Famtrip erlangsung 9-11 Agustus 2017 dimulai dengan mengelilingi Kota Jakarta lalu dilanjutkan ke destinasi Belitung, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, dan Malang.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.