Menjaga Geopark Gunung Sewu Dari Peternakan Ayam

Posted on

Kawasan karst di Geopark Gunung Sewu (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)

Gunungkidul – Peternakan ayam di Geopark Gunung Sewu, Gunungkidul jadi kontroversi. Padahal, daerah geopark ini amat dijaga demi kelestarian alamnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Cahyo Alkantana. Salah satu tokoh pariwisata yang kental dengan wisata petualangan, sekaligus sebagai pengelola Gua Jomblang dan daerah Geopark Gunung Sewu di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Dia menyayangkan pembangunan peternakan ayam dengan nama PT Widodo Makmur Unggas. Sebabnya, peternakan dengan luas 20 hektar itu telah memotong sekitar 5 conical karst untuk mendapat lahan yang rata. Satu lagi, limbahnya bakal mencemari sungai-sungai bawah tanah di Geopark Gunung Sewu.

BACA JUGA: Peternakan Ayam Makara Kontroversi di Geopark Gunung Sewu

Menjaga Geopark Gunung Sewu dari Peternakan AyamFoto: (Istimewa/Cahyo)

Padahal pada tahun 2015 lalu, Geopark Gunung Sewu telah disahkan oleh UNESCO sebagai daerah Global Geopark Network. Gunung Sewu yaitu daerah karst yang membentang dari Parangtritis di DI Yogyakarta hingga ke Pacitan.

“Conical karst ini satu parameter yang ditetapkan UNESCO untuk Geopark Gunung Sewu. Nggak semua tempat di dunia ada menyerupai itu, cuma ada di Slovenia dan di Indonesia,” kata Cahyo kepada detikTravel, Senin (110/9/2018).

Usut punya usut, UNESCO tiap 4-5 tahun sekali melaksanakan pengecekan kepada geopark-geopark di dunia. Apakah tetap terjaga kelestariannya, atau malah rusak.

Menjaga Geopark Gunung Sewu dari Peternakan AyamFoto: (Youtube/BADAN GEOLOGI INDONESIA)

“UNESCO tiap 4-5 tahun sekali mengadakan penilaian berkaitan dengan perjalanan geopark-geopark yang telah disahkannya. Apakah masih berjalan baik atau malah ada penyimpangan, jikalau ada penyimpangan sanggup dicabut statusnya dari UNESCO. Itu yang saya takutkan,” papar Cahyo yang juga menjabat sebagai President Indonesia Adventure Travel and Trade Association (IATTA).

Kalau begitu, apakah di dalam daerah geopark diizinkan sebagai tempat tinggal masyarakat? Cahyo menjawab tegas, jikalau hal tersebut bukanlah masalah.

“Kehebatan geopark yaitu tugas masyarakat di dalam suatu geopark. Itu harus diikutsertakan, alasannya yaitu tujuan dari suatu geopark yaitu untuk memuliakan masyarakat dan alam. Masyarakat dan alam yaitu pilar dari suatu geopark,” terangnya.

Pembangunan peternakan ayam PT Widodo Makmur Unggas dinilai sanggup merusak kelestarian alam di Geopark Gunung Sewu. Padahal, masyarakat Gunungkidul sudah menjaganya dengan baik.

“Kita semua sudah berdarah-darah menjaga Geopark Gunung Sewu untuk terus dilestarikan. Sebab dari sanalah, masyarakat sanggup menikmati air higienis dan mendapat masukan dari pariwisata,” tutup Cahyo.

Simak video Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu Makara Polemik


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.