Menarik Turis India Dengan Yoga

Posted on

(dok Kemenpar)

Jakarta – India menjadi sasaran kunjungan turis kedua Indonesia, sehabis China. Salah satu cara mendatangkannya melalui pagelaran yoga.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimis, wisata yoga dan kuliner vegetarian menjadi salah satu daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari India yang tahun ini ditargetkan sebanyak 700 ribu. Soal yoga, bakal ada event besar-besaran, terutama ketika perayaan Hari Yoga sedunia di bulan Juni mendatang.

“Secara khusus kita belum punya destinasi wisata yoga, namun Bali sebagai destinasi yang paling digemari wisman India dan menjadi tempat favorit untuk menggelar ekspo yoga,” kata Menpar Arief Yahya ibarat dalam rilis yang diterima detikTravel, Rabu (2/5/2018).

Menpar Arief Yahya didampingi Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, Deputi Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya, Direktur Pemasaran Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, (PT. TWCBP & RB) Ricky Siahaan, dan pemain film Anjasmara Duta Yoga dan instruktur, menjelaskan bahwa ekspo kuliner bagi komunitas vegetarian (vegan) juga menjadi salah satu daya tarik bagi turis India.

“Untuk wisata kuliner kita gres memutuskan Bali, Bandung, dan Joglosemar (Jogya, Solo, dan Semarang), dan beberapa ekspo kuliner vegetarian banyak diminati wisman India,” kata Arief.

Menteri Pariwisata Arief YahyaMenteri Pariwisata Arief Yahya (dok Kemenpar)

Menurut Arief, turis India masuk pasar Top-5 dalam memperlihatkan bantuan jumlah kunjungan wisman. Indonesia tahun ini mentargetkan 17 juta wisman dengan mengandalkan dua pasar utama yang mempunyai size besar, yakni China dan India.

“Nomor pertama wisman dari China tahun kemudian sebanyak 1,9 juta dengan pertumbuhan mencapai 40%, sedangkan wisman India sebesar 30% sampai 40%, tahun kemudian sebesar 500 ribu, momentum sebagai tuan rumah peringatan Hari Yoga Internasional 2018, kita targetkan 700 ribu wisman India,” katanya.

BACA JUGA: India, Pasar ‘Gemuk’ Bagi Pariwisata Indonesia

Duta Besar Pradeep Kumar Rawat menjelaskan, kegiatan Yoga selain meningkatkan kesehatan badan dan pikiran juga mendukung kegiatan pariwisata. “Bali paling digemari masyarakat India untuk melaksanakan kegiatan yoga, juga Prambanan Yogyakarta paling disukai untuk ekspo yoga,” tutur Pradeep Kumar Rawat.

Menarik Turis India dengan Yoga(dok Kemenpar)

Hal senada juga diungkapkan Anjasmara, setiap bulan ada 2 ekspo Yoga besar berlangsung di Bali dan diikuti penerima dari aneka macam negara. “Banyak tempat untuk pembinaan Yoga di Destinas Ubud dan Karangasem Bali dan pesertanya banyak dari mancanegara,” kata Anjasmara.

Perayaan Hari Yoga Internasional (IDY) ke-4 2018 di Indonesia akan berlangsung di 10 kota besar, dan puncak acaranya akan berlangsung di tempat Candi Prambanan Yogyakarta. Tema perayaan IDY ke-4 yaitu ‘Sepuluh Kota, Sepuluh Hari, Menyatukan Dua Puluh Ribu Pecinta Yoga Mempromosikan Kesehatan dan Kebahagiaan melalui Yoga’.

BACA JUGA: Sepinya Nyetir di Korea Utara, 1 Mobil Bisa Bebas di 10 Jalur


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.