Melalui Bimtek, Kemenpar Menyebarkan Trik Berpromosi Di Luar Negeri

Posted on


JakartaKementerian Pariwisata siap menggelar roadshow Bimbingan Teknis (Bimtek) di tiga kota untuk mendongkrak pariwisata Tanah Air di mancanegara. Bimtek yang digelar oleh Kedeputian Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar itu diselenggarakan di Palembang, Makassar, dan Surabaya.

Peserta Bimtek berasal dari pemerintah tempat (pemda) ataupun swasta. Dari pihak pemda ada kepala dinas pariwisata, kepala bidang pemasaran di dinas pariwisata ataupun staf yang menangani promosi. Sedangkan dari kalangan swasta ada pihak PHRI, pelaku industri turisme, dan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA).

Bimtek di Palembang telah digelar pada 17-18 April 2017 dengan penerima meliputi stakeholder pariwisata wilayah Sumatera, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, serta Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas dan Tim Percepatan Wisata Halal Kemenpar.

Sementara untuk Bimtek di Makassar akan digelar pada 21-22 April 2017. Pesertanya meliputi stakeholder pariwisata di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Lalu Bimtek ketiga di Surabaya akan digelar pada 2-3 Mei 2017. Untuk pesertanya yakni stakeholder pariwisata di DIY, Jatim, Bali, NTB dan NTT.

Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, Bimtek itu merupakan upaya sinkronisasi kegiatan promosi pariwisata di luar negeri. “Tujuannya menunjukkan bimbingan teknis mengenai bermacam-macam aktivasi promosi pariwisata Indonesia di luar negeri melalui empat jenis kegiatan utama, yaitu pameran, misi penjualan, festival, dan familiarization trip atau wisata pengenalan destinasi, serta implementasi branding Wonderful Indonesia,” ujarnya.

Menurut Pitana, seni administrasi pemasaran pariwisata di mancanegara pada 2017 lebih banyak menitikberatkan pada kegiatan hard selling, terutama melalui pelaksanaan pameran dan misi penjualan. Untuk periode Januari sampai Desember 2017, Kemenpar mengadakan 54 kali kegiatan hard selling ke luar negeri.

Pitana memerinci 54 hard selling yang terdiri dari 30 kegiatan pameran dan 24 misi penjualan. “Selain itu, untuk tetap mem-back up bobot hard selling, kami juga akan beraktivitas promosi dalam 30 pekan raya dan menyelenggarakan 51 kali familiarization trip atau yang biasa kami sebut dengan fam trip,” katanya.

Guru besar ilmu pariwisata di Universitas Udayana Bali itu menjelaskan, Kemenpar semenjak dua tahun terakhir atau 2015-2017 telah mengadopsi konsep Branding, Advertising, dan Selling (BAS) sebagai seni administrasi pemasaran pariwisata. Hasilnya pun terlihat nyata.

“Kita bisa mencicipi implikasi dari hasil branding dan advertising yang menggembirakan dengan Wonderful Indonesia yang semakin dikenal di luar negeri. Simply, we are on the right track,” tuturnya.

Pitana menambahkan, untuk hard selling memang lebih banyak bergantung pada kemauan dan kemampuan para pelaku industri pariwisata dalam menjual. Alasan itulah yang memmbuat Kemenpar tetap merasa terpanggil untuk mem-back up pelaku industri pariwisata melalui branding dan advertising.

Branding dan advertising ini tetap perlu dijalankan untuk mencapai sasaran 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara sampai selesai tahun 2017,” sebutnya.

Selain itu, Pitana mengatakan, melalui melalui Bimtek promosi pariwisata di luar negeri maka pemda dan pelaku industri pariwisata di tempat akan memperoleh citra yang lebih luas dan detail mengenai bentuk aktivasi promosi yang rutin dilakukan.

“Harapannya melalui program ini akan lebih tercipta sinergitas kegiatan promosi pariwisata di luar negeri antara Kemenpar, para Dinas Pariwisata terkait dan para pelaku industri pariwisata dalam rangka pencapaian sasaran kunjungan 15 juta di tahun 2017,” katanya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.