Megahnya Prambanan Dan Legenda Roro Jonggrang

Posted on
Riffa Transport CV Riffa Transport bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.

Foto: Candi Prambanan di Yogyakarta (Ari Es/dTraveler)

Yogyakarta – Candi Prambanan di DI Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan. Selain itu, Prambanan juga mempunyai mitos Roro Jonggrang.

Bagi traveler yang liburan long wekeend ke Yogyakarta, biasanya selalu menyebabkan Candi Prambanan sebagai destinasi wajib kunjung selain Jalan Malioboro dan Candi Borobudur di Magelang. Walau sudah terkenal dan mainstream, selalu ada hal yang bisa dilihat di Candi Prambanan.

Candi Prambanan terletak di antara perbatasan Sleman, Yogyakarta dan Klaten, Jawa tengah. Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini dibangun pada masa Ke 9 sebagai persembahan untuk Dewa Shiwa, Brahma dan Wisnu.

Menariknya, Candi Prambanan mempunyai jumlah awal 240 candi. Candi tertinggi di sini mmeiliki tinggi 47 meter dengan luas 34 meter dan merupakan persembahan untuk Dewa Shiwa. Adapun candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1733 oleh peneliti Belanda berjulukan CA Lons.

Awalnya terdapat 240 candi (thiago alcantara/d’Traveler)

Mulai ketika itu, pihak internasional mulai memperhatikan situs terabaikan dan mengurusnya dengan baik. Setelah mengalami beberapa kali pemugaran, sekarang Candi Prambanan menjadi salah satu objek wisata anggun yang wajib dikunjungi ketika di Yogya.

Selain itu, Candi Prambanan juga lekat dengan mitos Roro Jonggrang. Alkisah ada gadis anggun berjulukan Roro Jonggrang yang ingin dinikahi oleh Bondowoso, seorang cowok sakti.

Ternyata hati Putri Roro Jonggrang tidak berdebar untuk Bondowoso, maka ia pun menolak undangan Bondowoso dengan cara yang halus. Roro pun meminta Bondowoso membangun 1.000 candi dalam satu malam.

Jika Bondowoso tidak bisa memenuhi syarat tersebut, maka janji nikah mereka pun tidak bisa berlangsung. Bondowoso yang merasa dirinya sangat sakti, pribadi menyetujui syarat itu. Khawatir akan kemampuan Bondowoso, Roro pun mencari akal.

Ia menumbuk padi di erat sangkar ayam untuk menciptakan ayam berkokok. Muslihat itu pun berhasil, para ayam berkokok yang membuktikan pagi sudah datang. Sementara candi yang dibentuk gres mencapai 999.

Candi Prambanan juga erat dengan kisah Roro Jonggrang (Ari Es/d’Traveler)


Bondowoso murka dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke-1.000. Terlepas dari kebenarannya, kisah Roro Jonggrang itu menjadi salah satu daya pikat dari Candi Prambanan yang selalu diceritakan.

Berkunjung ke Candi Prambanan pun sangatlah gampang alasannya ialah letaknya yang berada di jalur utama Yogya-Solo. Jika dari Yogya dan ingin murah, maka naiklah Trans Yogja jalur 1A dan turun pada shelter Prambanan.

Jika ingin lebih, traveler juga bisa melihat keindahan Candi Prambanan dari udara. Caranya ialah dengan masuk ke situsΒ Ekspedisi Langit Nusantara yang merupakan aktivitas terbaru dari Telkomsel.

Melalui dua buah drone yang diterbangkan dari bab Barat dan Timur Indonesia, Telkomsel akan mengatakan pesona Indonesia dari udara melalui mata drone selama sebulan penuh. Untuk hari ini, drone yang diterbangkan dari bab Barat Indonesia tengah mengudara di atas Yogyakarta.

Harga tiket masuknya ialah Rp 30 ribu untuk wisatawan lokal dan USD 18 (Rp 239 ribu) untuk wisman. Komplek Candi Prambanan buka setiap hari dari pukul 06:00-17:00 WIB.

Tak pernah sepi dari wisatawan (Yusnita Puspita D/d’Traveler)


Sumber detik.com

Tim Terbaik Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda. Riffa Transport memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.