Mau Long Weekend Segar, Ayo Ke Teladas Sri Gethuk Gunungkidul

Posted on

Foto: Fadila Adelin/dTraveler

Yogyakarta – Longweekend Paskah sanggup kita isi dengan menikmati sisi lain DI Yogyakarta. Ayo mampir ke Air Terjun Sri Gethuk untuk tamat pekan yang menyegarkan.

Ada banyak sisi lain pariwisata Yogya yang belum banyak traveler tahu. Melipirlah ke tempat Gunungkidul, untuk melihat aneka macam bentang alam yang akan mencuri hati kamu. Salah satunya, Air Terjun Sri Gethuk ini.

Dari informasi yang dirangkum detikTravel, Kamis (24/3/2016) Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Desa Bleberan, Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Jaraknya sekiar 41 km atau dua jam dari sentra Kota Yogyakarta.

Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk sanggup ditempuh dari sentra Kota Yogya menuju Jl Wonosari, sesudah hingga pertigaan Gading belok kanan menuju Playen. Dari Playen, carilah jalur menuju Paliyan dan sesudah sekitar 1,5 km dari situ Anda akan menjumpai papan penunjuk arah ke objek wisata Air Terjun Sri Gethuk.


Air terjun yang anggun (Fadila Adelin/dTraveler)

Seperti peribahasa, berenang renang ke hulu berakit rakit ketepian, bukan barang gampang untuk tiba ke riam tersebut. Setelah memarkirkan kendaraan, kita masih harus trekking melewati sawah. Atau sanggup juga, naik bahtera rakitan sederhana dari drum bekas dan papan melawan arus Sungai Oya.

Setibanya di depan Air Terjun Sri Gethuk, kau akan dibentuk terpana. Air terjunnya mengalir dari sela-sela tebing dengan ketinggian puluhan meter. Tebingnya pun dipenuhi banyak tanaman hijau yang menambah elok pemandangan.


Sungai Oya di depan Air Terjun Sri Gethuk (Instagram/@khanif_)

Mengapa disebut seolah-olah Grand Canyon? Sebab di Grand Canyon di Amerika sana, terdapat anutan Sungai Colorado yang mengalir ke jurang dan tebing terjal. Lalu di sebut Niagara Mini, alasannya kala debit airnya sedang deras, tebing-tebingnya ditutupi oleh air dan bentuknya terlihat memanjang.

Di penggalan bawah air terjunnya, ada bebatuan dan menjadi tempat yang asyik untuk bermain air. Di seberang bebatuan itu, ialah Sungai Oya. Berbagai operator tur di Yogya, mengatakan paket wisata ke Air Terjun Sri Gethuk ini.


Air terjun yang memesona di Gunungkidul (Instagram/@astrindud)

Namun sebenarnya, pengelolaan wisata air terjunnya ialah masyarakat setempat yang tinggal di Desa Bleberan. Tiket masuknya cuma Rp 10 ribu, dan mereka pun dengan bahagia hati akan mengantarkan ke air terjunnya serta mengatakan naik rakit untuk mengarungi sungai.

Siapkan kamera dan berfotolah di Air Terjun Sri Gethuk. Mungkin teman-teman kau tidak bakal menyangka, ada riam secantik ini di Gunungkidul, DI Yogyakarta!


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.