Magelang Berbenah Untuk Wisatawan, Tak Cuma Andalkan Yogyakarta

Posted on

Ketep Pass Magelang (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Magelang – Magelang sering sanggup limpahan wisatawan dari Yogyakarta. Namun sekarang mereka bersiap menyebarkan pesonanya sendiri.

Kata Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass Edward Alfian beberapa waktu lalu, pemangku wisata di Magelang mulai sadar biar tak terus mendapatkan luapan wisatawan dari Yogyakarta. Mereka kemudian merangkul biro wisata yang ada di sana.

“Kita nggak boleh memusuhi Yogya. Kamu kok mengakui Borobudur, malah kita rangkul. Dan kali ini kita sedang gencar mengadakan pameran atau atraksi,” ujar Edward.

Ia menjelaskan bahwa Magelang punya kekuatan wisata gres sesudah Candi Borobudur. Yakni rafting di Sungai Elo, Ketep Pass dan yang gres dibangun yakni tur VW Camat.

Magelang Berbenah Untuk Wisatawan, Tak Cuma Andalkan Yogyakarta Kabag Pemasaran dan Promosi Ketep Pass Edward Alfian (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

“Keempat itu yang mau diangkat Magelang. Sejak ada Dana Desa yang dikelola Bumdes sekarang ada 200-an tempat wisata di Magelang, kebanyakan desa wisata dan kawasan selfie,” terperinci Edward.

“Tapi kita berguru biar nggak latah dan (bisa) berkelanjutan. Juga punya apa yang khas, apa yang dimakan, diminum sampai buah tangan yang dibawa pengunjung,” imbuh dia.

Magelang memang benar-benar berbenah. Kini ada eduwisata tanam padi, yakni pengunjung sanggup melihat atau mencicipi bagaimana memupuk sampai panen.

“Mereka itu sanggup uang. Baru 3 tahun ini Magelang sadar wisata,” kata dia.

Dijelaskan pula bahwa kesadaran berwsata ke Magelang memang masih kurang. Edward pun mengakuinya dan selalu berkomunikasi dengan stake holder terkait.

Magelang Berbenah Untuk Wisatawan, Tak Cuma Andalkan Yogyakarta Pedagang jagung bakar di Ketep Pass (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

“Kita sekarang di tiap tahun gathering ratusan biro travel nasional. Itu selama 3 hari dan sudah dilakukan semenjak 3 tahun lalu. Dananya pun urunan,” kata dia.

Sedang Ketep Pass, berdasarkan Edward memang jadi salah satu prioritas destinasi wisata Magelang yang sedang digarap. Pihaknya akan merancang batik khas Merapi sebagai oleh-oleh.

“Kita belum kemas buah tangan sini yang lain yaitu sayuran. Makara memang di Magelang ini sedang menggeliat. Kita ingin wisatawan ke sini terpesona akan pelayanan sampai oleh-olehnya,” ujar dia.

Mari kita mengenal Ketep Pass sekilas. Konsep destinasi ini yakni sanggup melihat Gunung Merapi dan Merbabu. Ketika berada di Pelataran Puncak Harga, wisatawan ada di ketinggian 1.200 mdpl.

Ketep Pass ada di dataran tertinggi di tengah-tengah dua gunung di atas. Tempat ini biasa dipakai untuk melihat pemandangan kedua Gunung Merapi dan Merbabu.

“Untuk wisata edukasi ada museum dan bioskop. Kita punya film edukasi, rata-rata diminati pelajar yang menceritakan Merapi meletus sampai mitigasi. Gunungnya bersifat bagaimana ada di situ. Film kedua, dokumenter yang terjadi letusan 2010 yang diminati umum,” urai Edward.

Simak Video “Menggoda! Pedasnya Ikan ‘Mangut Beong’ Khas Magelang
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.