Long Weekend Di Cirebon, Ini Itinerarynya

Posted on

Suasana Keraton Kasepuhan di Cirebon (Rengga Sancaya/detikTravel)

Cirebon – Masih galau mau ke mana long weekend nanti? Yuk coba ke Cirebon, banyak wisata seru di sana.

Kalau mencari kota dengan banyak sekali macam atraksi, cobalah ke Cirebon. Mulai dari wisata sejarah hingga kuliner yang enak sanggup kau dapatkan di sana.

Belum pernah ke sana? Jangan bingung. Kali ini, Kamis (30/11/2017), detikTravel telah merangkum itinerary buat kau yang ingin traveling ke Kota Udang tersebut:

Hari 1

1. Hunting Batik Cirebon

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Sesampainya di Cirebon pagi hari, letakkan koper di penginapan. Yuk mulai jalan-jalan dengan mencari batik khas Cirebon. Cirebon mempunyai motif batik yang khas, yakni motif Megamendung.

Salah satu tempat yang sanggup dikunjungi ialah Pusat Grosir Batik Trusmi yang terletak di Desa Trusmi. Di sini, traveler sanggup berburu batik mulai dari harga Rp 10.000 hingga jutaan rupiah. Batik Trusmi sudah mulai dibuka pukul 08.00 WIB sehingga traveler sanggup berbelanja mulai pagi hari.

2. Makan siang Empal Gentong

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Salah satu kuliner yang harus traveler coba ketika ke Cirebon ialah Empal Gentong. Potongan daging empuk dengan kuah kuning yang enak menjadi perpaduan yang cocok.

Traveler yang ingin mencoba sanggup ke Empal Gentong Amarta atau Empal Gentong Apud yang populer, letaknya bersebelahan di Jalan Juanda, Desa Battembat, Tengah Tani. Semangkuknya hanya Rp 15 ribu saja.

3. Ziarah ke Makan Sunan Gunung Jati

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Dulu, salah satu Wali Songo yakni Sunan Gunung Jati menjadi penyebar Agama Islam di Kota Udang. Kini, makamnya yang berlokasi di Astana Gunung Jati menjadi destinasi wisata religi. Bahkan, tidak yang hanya Muslim saja, juga masyarakat Tionghoa. Karena dulunya, istri dari Sunan Gunung Jati ialah putri Tionghoa.

Di bab belakangnya, terdapat Masjid Astana Gunung Jati, tempat dulu Sunan Gunung Jati juga berdakwah. Lokasi masjid ini ada di kontur perbukitan, menyebabkan masjid ini mempunyai lantai unik yang berundak-undak. Tempat imam berada di undakan paling tinggi.

4. Menikmati malam di Masjid At Taqwa dan Jalan Kartini

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Menyusuri Alun-alun Cirebon, traveler akan menemui Masjid At Taqwa. Masjid ini bernuansa modern, lengkap dengan minaret yang menjulang tinggi.

Letaknya berada di Jalan Kartini. Bagi yang muslim, biasa melakukan Salat Maghrib atau Salat Isya di sini. Setelah itu, sanggup jajan dan merasakan banyak sekali kuliner enak di sepanjang Jalan Kartini. Di sinilah tempat muda mudi Cirebon berkumpul ketika malam hari.

Hari 2

1. Sarapan di Tahu Kopeci Kuningan

Punya satu hari yang leluasa, cobalah day trip ke kota tetangga Cirebon, yakni Kuningan. Kotanya sejuk dengan banyak sekali acara menarik. Salah satu kuliner yang harus dicoba dan cocok dijadikan sarapan ialah Tahu Lamping yang dijual oleh toko Tahu Kopeci.

Rasanya pun gurih dan enak daripada Tahu Sumedag. Letaknya 1 kilometer sehabis Masjid Agung Kuningan ke arah Ciamis. Harganya pun murah, hanya Rp 500 saja per buahnya.

2. Wisata di Kolam Cibulan

Di jalan raya Kuningan-Cirebon, terdapat objek wisata tertua di Kapubaten Kuningan. Di sini, terdapat beberapa area rekreasi bak renang dari sumber mata air murni bebas kaporit.

Uniknya, di sini ada satu spesies ikan mas yang disebut ikan dewa. Ini merupakan jenis ikan mas kuno dan masih lestari hingga ketika ini yang konon punya kekuatabn mistis. Tapi, jumlahnya tidak pernah kurang atau lebih dari dulu. Bahkan, ada juga 7 mata air keramat di belakang bak renang. Mau coba?

3. Belajar Sejarah di Museum Linggarjati

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Traveler yang gemar wisata sejarah, cobalah ke Museum Linggarjati yang letaknya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kuningan. Di sinilah, tempat digelarnya negosiasi RI dengan pemerintah Belanda.

Struktur bangunan masih orisinil menyerupai dahulu kala. Di sekitarnya terdapat foto-foto dokumentasi yang terpajang menyerupai perdana menteri ketika itu, Sutan Sjahrir dan delegasi Belanda dan beberapa tokoh sejarah lainnya. Bahkan, foto serta pesan membangun presiden RI pertama Soekarno juga terpampang di sini.

4. Belanja Oleh-oleh di Teh Diah

Meninggalkan Kuningan, jangan lupa beli oleh-oleh. Beberapa oleh-oleh khasnya ialah tape ketan dan kudapan keripik. Salah satu tempat yang sanggup dikunjungi ialah Toko Oleh-oleh Teh Diah.

Selain itu, juga ada minuman jeruk nipis peres (Jeniper), opak dan ranggingang yang lezat. Oleh-oleh Teh Diah berada di pinggir Jalan Raya Kuningan-Cirebon , tepatnya di kawasan Cilimus.

Hari 3

1. Sarapan Nasi Jamblang Mang Dul

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Belum ke Cirebon kalau tidak merasakan Nasi Jamblang. Salah satu tempat favoritnya ialah Nasi Jamblang Mang Dul yang terletak di Gunung Sari, depan Grage Mall.

Nasi dibungkus daun jati, dengan aneka lauk pauknya siap mengisi perut dan menambah energi untuk mengelilingi Cirebon di hari terakhir. Sate kentang, telur, daging, cumi dan tempe tahunya punya bumbu khas yang sayang untuk tidak dicoba.

Pilihan lainnya ialah Nasi Jamblang Ibu Nur di belakang Grage Mall. Satu lagi Nasi Jamblang Pelabuhan. Semua punya penggemar fanatik masing-masing.

2. Berkeliling Pasar Pagi

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2016/07/11/d1d14eec-9600-4cbf-82b5-04696241df44.jpg?a=1

Masih kurang berbelanja oleh-oleh? Cobalah ke Pasar Pagi yang terletak di Jalan Siiwangi. Di sinilah, sentra oleh-oleh lengkap dan murah ala Cirebon.

Mulai dari sirup Tjampolay yang legendaris, dendeng ikan, kerupuk gulung tikar dan aneka olahan ikan lainnya tersedia di sini. Di sekitar pasar pagi menyerupai di Jalan Sukalila Selatan juga terdapat aneka toko oleh-oleh lezat.

3. Eksplor Keraton Kasepuhan

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Rasanya belum lengkap kalau ke Cirebon tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan. Keraton ini ini merupakan Keraton tertua di Kota udang.

Keraton Kasepuhan punya museum gres berisi kereta kencana berjulukan Singa Barong dengan goresan yang keren, ada tengkorak buaya putih dan ada juga lukisan Prabu Siliwangi yang konon matanya sanggup melirik. Ssst, ada goresan kamasutra juga lho.

Museum gres ini punya bermacam fasilitas. Seperti CCTV, audio visual hingga cenderamata dan kantin pun tersedia. Koleksinya juga bermacam-macam, mulai dari benda pusaka yang ditinggalkan zaman Pajajaran akhir, peninggalan Sunan Gunung Jati, Panembahan (Panca Sunan) hingga kala Kesultanan mulai dari Sultan Sepuh I hingga Sultan sepuh XIV.

4. Pergi ke Tamansari Sunyaragi

Long Weekend di Cirebon, Ini ItinerarynyaFoto: undefined

Tempat terakhir di Cirebon, cobalah berkunjung ke Taman Sari Gua Sunyaragi. Ini ialah Taman Sari Keraton menyerupai yang dimiliki Yogyakarta, namun dengan arsitektur yang berbeda.

Tamansari Sunyaragi sudah menjadi destinasi yang dikunjungi keluarga bila berkunjung ke Cirebon. Ada beberapa gua buatan yang juga sanggup dijadikan tempat foto. Di sini aneka sudutnya juga selalu menarik untuk dijelajahi dengan nuansa Cirebon kuno yang khas.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.