Liburan Lebih Murah Dari Harga Rokok, Ini Buktinya!

Posted on

Foto: thinkstock

Jakarta – Hasil penelitian wacana proposal harga rokok Rp 50.000 memang bikin heboh. Namun jikalau dipikir, harga rokok kini sudah lebih mahal dari tiket objek wisata.

Di media sosial, banyak yang menyangka pemerintah akan menaikan harga rokok menjadi Rp 50.000/bungkus. Padahal, itu hanyalah publikasi ilmiah Prof Hasbullah Thabrany dari Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.

Hal itu menunjukan banyak orang yang mendadak menyerupai disadarkan harga rokok yang mahal, nilainya setara dengan kebutuhan lain. Tapi tahukah Anda, harga rokok yang berlaku kini pun sudah lebih mahal dari ongkos liburan.

Dalam wawancara dengan detikcom beberapa waktu lalu, Prof Thabrany menyampaikan harga rokok rata-rata per bungkus di Indonesia yakni Rp 15.000. Ternyata, dalam penelusuran detikTravel, Selasa (30/8/2016) ada banyak destinasi liburan yang harga tiketnya lebih murah dari 1 pak rokok.

Di Banda Aceh, Museum Tsunami Aceh yakni destinasi wisata yang populer. Museum keren ini gratis! Sedangkan di Medan, ada Istana Maimun yang terkenal, istana megah ini tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Mau bukti lain, ayo ke Jakarta. Pasti tahu dong Kebun Binatang Ragunan. Berapa harga tiket masuknya? Hanya Rp 4.000 saja. Mau wisata alam ke kawasan Gunung Pancar di Bogor, tiketnya juga cuma Rp 5.000.

Nah, jikalau Kebun Raya Bogor, tiketnya Rp 15.000 setara dengan satu pak rokok. Bedanya, di Kebun Raya Bogor pengunjung dapat menghisap oksigen yang sehat, bukan nikotin.

Liburan ke Bandung apalagi, ada banyak taman-taman keren di Kota Kembang dan semuanya gratis dari Taman Balai Kota, Taman Lansia hingga Teras Cikapundung, semuanya indah dan tidak dipungut biaya.

Mau liburan ke Semarang, silakan… Di sana ada Lawang Sewu yang megah dan antik. Harga tiket masuknya cuma Rp 10.000. Mau ke Yogyakarta dan berkunjung ke Benteng Vredeburg tiketnya cuma Rp 2.000 saja, sedangkan Taman Sari, tiketnya Rp 5.000.

Liburan yang lebih murah dari satu pak rokok juga berlaku hingga timur Indonesia sana. Fort Rotterdam di Makassar tiket masuknya juga gratis. Sementara Museum La Galigo di dalam Fort Rotterdam hanya memungut tiket Rp 5.000.

Tuh kan, ada banyak bukti jikalau liburan itu dapat lebih murah dari harga rata-rata satu pak rokok. Makara sebelum kau membeli satu pak rokok, coba saja pikirkan liburan kemana yang dapat kau beli dengan harga yang sama.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.