Liburan Ke Yogyakarta, Dapat Makan Ibarat Sultan

Posted on

Suasana di Bale Raos Yogyakarta (Tasya/detikcom)

Yogyakarta – Wisatawan yang lagi liburan ke Yogyakarta sanggup mencoba masakan khas keraton. Mereka sanggup mencoba kuliner dan minuman kesukaan sultan.

detikcom berkesempatan untuk tiba ke Bale Raos dalam Jelajahi Indonesia Dengan Grab, Sabtu, (24/8/2019). Restoran ini terletak berdekatan dengan Keraton Yogyakarta, di Jl Magangan Kulon No 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Dengan masakan yang khas ditambah dengan daerah yang didesain seakan-akan keraton, kau akan merasa makan di istana. Saat memasuki restoran kau akan melewati taman burung di kanan dan kiri jalan, kemudian terlihat area restoran out door dan indoor.

Bangunan restoran sangat seakan-akan dengan keraton. Di area indoor terdapat barang-barang keraton yang antik di dalamnya. Area Indoor mempunyai meja yang berbentuk lingkaran. Sangat cocok untuk wisatawan yang berpergian bersama rombongan atau keluarga.

Tampak depan Bale Raos (Tasya/detikcom)Tampak depan Bale Raos (Tasya/detikcom)

Menu wisata kuliner unik yang disediakan yaitu Bendul, yaitu singkong dengan kelapa parut dibakar. Ini merupakan sajian favorit Sultan Hamengkubuwono VII.

Selain itu ada beberapa kuliner ringan lain yang tersedia di sini. Ada Prawan Kenes atau pisang goreng dengan tusuk sate dan gula merah, Tapak Kucing yaitu pisang goreng gulung dari pisang raja pilihan dan Pam Brid yaitu sejenis pancake ala kraton dengan toping fla. Nah Prawan Kenes yaitu sajian favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Hidangan utamanya juga merupakan kuliner khas keraton, ada Bestik Djawa, Kambing Panggang, Semur Piyik, Bistik Lidah dan masih banyak lagi. Sebuah kuliner tradisional yang berpadu dengan western, menarik ya traveler?

Aneka sajian khas Keraton Yogya (Tasya/detikcom)Aneka sajian khas Keraton Yogya (Tasya/detikcom)

Ada juga minuman-minuman khasnya, yaitu Es Camcao yang terbuat dari cincau hijau dengan gula kelapa. Es ini yaitu favorit Ratu Hemas, Istri Sultan Hamengkubuwono X, kemudian ada beras kencur, es asem, kopi tubruk dan yang Istimewa yaitu bir jawa.

Tenang traveler, ini bukan bir memabukan. Minuman ini terdiri dari rempah-rempah menyehatkan yang menghangatkan tenggorokan. Sebelum disuguhkan, minuman ini dikocok terlebih dahulu sehingga terdapat busa di permukaannya. Inilah minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Suasana makan ala keraton (Tasya/detikcom)Suasana makan ala keraton (Tasya/detikcom)

Bersama Jelajah Indonesia dengan Grab, di restoran ini detikcom menemui 2 orang Mitra Grab yang miliki dongeng menarik. Herman Darwanto, seorang kawan Grab Bike yang beberapa waktu kemudian diberangkatkan umroh oleh Grab dan Rizky Aulia, lulusan ekonomi Islam di salah satu universitas di Yogyakarta, kawan Grab Car yang gres saja lulus dengan predikat cumlaude.

Menghabiskan waktu di Bale raos bersama sobat atau keluarga sanggup menjadi pilihan wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Restoran sekaligus tempat wisata di Yogyakarta ini buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Simak Video “Tongseng Usal, Yogyakarta
[Gambas:Video 20detik]


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.