Liburan Ke Bromo Gaya Transit Dikeluhkan Pengusaha Hotel

Posted on

Foto: (Santy/dTraveler)

Probolinggo – Paket liburan ke Gunung Bromo biasanya menyampaikan transit di hotel sebentar, sebelum mengejar sunrise. Model begini akibatnya dikeluhkan hotel sebab merugi.

Pengusaha hotel yang ada di daerah obyek wisata Gunung Bromo, Sukapura, Kabupaten Probolinggo mulai bingung atas maraknya pelaku jasa wisata yang menyediakan layanan perjalanan wisata satu malam atau Travel Transit. Perjalanan wisata satu malam itu, dianggap berdampak pada penurunan okupansi hotel atau tingkat hunian pengunjung hotel.

Ketua Perhimpuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin menyampaikan gaya transit, menyampaikan peluang bagi wisatawan untuk berwisata tanpa harus menginap di hotel.

Ia pun mengaku prihatin, atas maraknya travel yang menjual tur satu malam tanpa menginap tersebut. Dari informasi yang dihimpunnya, travel transit atau umum disebut juga Bromo Night Tour biayanya lebih murah, dari pada layanan jasa wisata yang plus menginap di hotel.

Biaya yang dikeluarkan tiap orang, hanya sekitar Rp 190 ribu. Nominal tersebut, sudah termasuk biaya makan, tiket masuk wisata, dan jeep.

Pria yang bersahabat disapa Yoyok itu menyebut, kalau rata-rata penyedia layanan perjalanan wisata satu malam berasal dari luar daerah. Seperti diantaranya, travel asal Yogyakarta, Malang dan Banyuwangi.

“Kalau lebih murah memang iya, Mas. Karena tidak ada biaya menginap di hotel. Tapi kalau dibiarkan, dampaknya ya ke hunian hotel. Bisa-bisa sepi pengunjung,” ungkapnya, Selasa (26/02/19).

Adanya travel transit, sangat terasa bagi para pengusaha hotel yang ada di sekitar Gunung Bromo. Utamanya ketika low season menyerupai ketika ini, dimana tingkat hunian menurun hingga 60 persen.

“Seperti low season kini ini, sangat terasa Mas. Biasanya tingkat hunian hotel turun 50 persen jadi 60 persen. Harapannya ada solusi terbaik dari instansi pemerintah terkait, atas maraknya travel transit,” pungkasnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.