Liburan Final Tahun Di Yogyakarta, Yuk Coba Walking Tour Sendiri

Posted on

Taman Sari di Yogyakarta (Fitraya/detikTravel)

Yogyakarta – Yogyakarta bakal menjadi destinasi utama ketika liburan tamat tahun ini. Kamu yang pergi ke sana, dapat mencoba walking tour sendiri. Ini rekomendasi rutenya.

Ada banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang letaknya berdekatan. Makanya banyak jasa pemandu wisata di Kota Gudeg. Tapi sebenarnya, kau dapat jalan sendiri menelusuri sudut Kota Yogyakarta.

detikTravel, Rabu (26/12/2018) telah menyusun rute walking tour yang dapat kau coba sendiri di Yogyakarta dari alun-alun hingga Taman Sari. Begini alurnya:

1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman (Fitraya/detikTravel)Masjid Gedhe Kauman (Fitraya/detikTravel)

Mulailah walking tour kau dari arah Kantor Pos Besar Yogyakarta. Melangkah ke Selatan, kau akan berjumpa Alun-alun Lor Yogyakarta. Di sana daerah yang dapat didatangi adalah Masjid Gedhe Kauman.

Ini yakni masjid bersejarah di Yogyakarta. Wisatawan muslim dapat sekalian salat jamak dulu semoga jalan-jalannya hening tanpa jeda lagi.

2. Keraton Yogyakarta

 Keraton Yogyakarta (Fitraya/detikTravel) Keraton Yogyakarta (Fitraya/detikTravel)

Ke Yogyakarta tidaklah lengkap jika tidak berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Banyak hal menarik dapat dilihat di istana sultan ini. Bangunannya antik, bersejarah dan klasik.

Kamu dapat berkeliling ke beberapa bab keraton. Ada koleksi kendaraan beroda empat sultan juga lho di sini. Puas-puasin berfoto deh di sini.

3. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton (Fitraya/detikTravel)Museum Kereta Keraton (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined

Selesai dari Keraton Yogyakarta, lanjutkan walking tour ke bab kiri, ada Jl Rotowijayan. Kamu jalan lagi ke arah selatan, nanti akan berjumpa dengan Museum Kereta Keraton.

Ini bahwasanya menyerupai garasi kereta kerajaan. Semua kereta Keraton Yogyakarta ada di museum ini. Ingat royal wedding keraton tidak? Nah, semua pawai kereta itu berasal dari sini lho.

4. Taman Sari

Taman Sari (Fitraya/detikTravel)Taman Sari (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined

Lanjut lagi ke selatan, ikuti terus jalan dan petunjuk arah ke Taman Sari. Jangan ragu masuk ke gang-gang kecil, dan nikmati suasana yang Yogya banget. Ada sayup-sayup radio melantunkan lagu Jawa, warga menjemur batik dan bawah umur lokal berlarian. Asyik deh!

Nah, alhasil kau hingga di Taman Sari, daerah pemandian resmi keraton pada zaman dahulu. Kamu dapat melihat kolam-kolam yang ada dan jangan lupa naik ke atas menara untuk pemandangan lebih asyik lagi.

5. Sumur Gumuling

Sumur Gumuling (Fitraya/detikTravel)Sumur Gumuling (Fitraya/detikTravel) Foto: undefined

Puas dari Taman Sari, tuntaskan perjalanan dengan menuju ke Sumur Gumuling. Ini yakni masjid diam-diam bawah tanah, daerah sultan salat dan bertafakur. Bangunannya unik banget dan eksotis, mirip dari film fantasi.

Tangga-tangga saling berhubung di ruang bawah tanah yang unik. Ada banyak sudut gelap yang misterius. Sungguh petualangan yang seru rasanya.

Inilah tamat dari perjalanan walking tour yang dapat kau lakukan sendirian. Ayo dicoba ketika liburan tamat tahun di Yogyakarta!


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.