Libur Tahun Baru, Pantai Gunungkidul Relatif Sepi Pengunjung

Posted on

Pantai Sepanjang di Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Gunungkidul – Libur Tahun Baru, pantai di Gunungkidul relatif sepi pengunjung. Hal ini alasannya ialah peringatan dini gelombang tinggi.

Pasca peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG dan tsunami Banten ternyata masih mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai. Hal itu tampak dari sepinya kunjungan di Pantai Kabupaten Gunungkidul.

Pantauan detikTravel di Pantai Sepanjang, Dusun Ngasem, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (1/1/2019) dari pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB belum tampak adanya peningkatan wisatawan. Bahkan, jumlah wisatawan di Pantai tersebut gres sekitar ratusan orang saja.

Libur Tahun Baru, Pantai Gunungkidul Relatif Sepi PengunjungWisatawan di Pantai Sepanjang (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


Dijelaskan Sekretaris SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Sepanjang memang mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Bahkan, ketika malam pergantian tahun hanya sedikit pengunjung yang tiba ke pantai tersebut.

“Tahun ini kunjungan wisatawan menurun drastis dibanding tahun lalu, mungkin alasannya ialah pemberitahuan dari BMKG terkait tornado dan gelombang tinggi kemarin,” katanya ketika ditemui di Pantai Sepanjang, Dusun Ngasem, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, siang.

Menurutnya, tadi malam hanya sedikit yang tiba ke Pantai Sepanjang. Padahal biasanya sepanjang garis pantai itu penuh tenda kemping dan tadi malam hanya sekitar 10 tenda saja di Pantai Sepanjang.


Seorang wisatawan asal Jakarta, Ahmad Prayoga (30) menyampaikan ia telah mengetahui peringatan yang dikeluarkan BMKG terkait gelombang tinggi. Namun, alasannya ialah ingin tau ingin menerangkan keindahan Pantai Selatan Gunungkidul, Prayoga tetap mengunjunginya.

“Kebetulan pas liburan ke Yogyakarta dan diberitahu teman jikalau pantai di Gunungkidul bagus-bagus kemudian ke sini (Pantai Sepanjang). Ternyata memang manis Pantainya,” ujarnya.

Libur Tahun Baru, Pantai Gunungkidul Relatif Sepi PengunjungBiasanya lebih ramai (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


Terkait peringatan gelombang tinggi, Prayoga menyampaikan dirinya tetap waspada. Wisatawan lain, Andowo Septiandi (24), warga Pasuruan, Jawa Timur juga mengaku gres pertama kali mengunjungi Pantai selatan Gunungkidul. Menurutnya, ombak di Pantai Sepanjang tidak terlalu besar dan kondusif dikunjungi.

“Baru pertama kali ke sini (Pantai Sepanjang), ke Gunungkidul juga gres sekali ini. Menurut saya ombaknya nggak terlalu besar ya, dan suasananya juga nyaman,” katanya.

Mengenai adanya keraguan untuk tiba ke Pantai alasannya ialah peringatan dini gelombang tinggi dari BMKG, Andowo mengakui sempat terpengaruh.

“(Peringatan gelombang tinggi) dari BMKG itu sebetulnya mempengaruhi, tapi ya alasannya ialah ingin ke sini, jadi yang penting tetap hati-hari saja jikalau gelombangnya tinggi,” pungkasnya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.