Kunjungan Turis Tahun 2018 Ditargetkan Capai 17 Juta

Posted on

Suasana Rakornas Pariwisata IV 2017 di The Kasablanka Hall, Jakarta (Kurnia/detikTravel)

Jakarta – Tahun ini, sasaran kunjungan turis aneh sebesar 15 juta. Sedangkan untuk 2018, sasaran meningkat jadi 17 juta.

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata IV 2017 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, hari ini (12/12/2017), dengan tema Visit Wonderful Indonesia 2018.

Rakornas ini turut dihadiri sekitar 400 penerima dari Kementerian Pariwisata, instansi terkait, industri pariwisata, pemda, dan media. Dalam pembukaan turut hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam aktivitas ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan bahwa ada pariwisata Indonesia mencapai perkembangan yang baik. Dan masuk dalam 20 besar destinasi wisata dengan perkembangan tercepat.

“Pariwisata Indonesia Januari hingga Oktober 2017 naik 24%,” ujar Arief dalam paparannya di Rakornas ini.

Meskipun sempat ada tragedi Gunung Agung di Bali, yang menjadi salah satu andalan pariwisata Indonesia, dengan perkembangan keseluruhan yang baik dan lewat taktik sempurna Kemenpar tetap optimis kunjungan turis aneh sanggup lebih banyak lagi di tahun depan.

Kemenpar pun menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan Nusantara di tahun 2018. Sejumlah cara untuk mencapai sasaran ini telah dirumuskan.

Salah satunya, Kemenpar mempersiapkan aktivitas Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018 berupa paket tur ke 18 destinasi unggulan.

Sebanyak 18 destinasi tersebut tersebar di Sumatera (Medan/Danau Toba, Batam, Belitung, Padang, dan Palembang), Pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Borobudur/Yogyakarta, Solo, Surabaya-Bromo-Tengger, dan Banyuwangi), Kalimantan (Balikpapan), Bali, Nusa Tenggara Barat (Lombok), Sulawesi (Makassar/Wakatobi dan Manado), dan Papua Barat (Raja Ampat).

“Kita harapkan proyeksinya 15%, atau 2,5 juta dari sasaran 17 juta kita dapatkan dari aktivitas VIWI,” ucap Arief.

Kemudian hot deals, di mana turis sanggup membeli paket dengan harga lebih terjangkau. Diskonnya cukup menggiurkan. Salah satu paketnya yaitu wisata jelajah Batam.

“Kita kini sedang menciptakan more for less. Orang dapatnya banyak, you get more, you pay less. Paket ini sanggup saving hingga 70% yang kita jual di Batam,” tuturnya.

Sementara untuk event-based activity, ada tiga jenis event yang akan digelar yaitu Premier Events, Promising Events dan Potential Events. Event-event dalam kategori tersebut jumlahnya sanggup mencapai ribuan.

“Ini kita punya top 100 nya ini kira-kira ada 3.000 event yang kalendernya sudah relatif fix,” katanya.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.