Komunitas Banten Tertantang Dengan Ketinggian Mercusuar Di Anyer

Posted on


JakartaSetelah komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten terbentuk, para pegiat media umum itu langsung mengadakan pertemuan dan mengembangkan pengalaman. Komunitas yang terdiri dari bloggers, vloggers, youtubers, pengguna Facebook, Twitter, Instagram, dan Google+ itu berkumpul di Pantai Anyer, Banten.

20 Netizen Banten dan beberapa anggota komunitas GenPI dari Aceh, Sumbar, Sumsel, Jakarta, Yogyakarta, Jateng, NTB, Ambon, dan Maluku ikut berkumpul di sana. Hashtag #PesonaGenPIBanten pun langsung naik menjadi trending topic di Twitter.

Di Anyer, mereka mengeksplorasi foto-foto lighthouse, mercusuar yang dibangun semenjak zaman Belanda di awal kurun 19 di Cikoneng, Serang, Banten. Turut hadir dalam perkumpulan itu, Kadispar Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati dan Stafsus Menpar Bidang Komunikasi Don Kardono,”Tingginya 75,5 meter, terdiri dari 18 tingkat. Kalau hendak menuju ke puncak mercusuar, harus menaiki 286 anak tangga. Kalau kalian mau tes kebugaran dan latihan fisik, silakan!” tantang Eneng.

Tentu saja, belum dewasa muda yang tergabung dalam GenPI merasa tertantang untuk menciptakan sensasi di puncak mercusuar. Saat berada di atas, mereka dapat meng-capture foto-foto langsung dan menciptakan video perjalanan ketika menuju ke atas.

“Tapi, alasannya ialah sedang menjalani ibadah puasa, kita ganti dengan drone, malah dapat memotret dari atas mercusuar,” ujar salah satu dari mereka.

Jika ingin melihat lukisan alam yang memesona, titik nol km Banten dapat jadi pilihannya. Menjelang Magrib, ketika langit berwarna kemerahan, sunset di sana akan membentuk lukisan alam yang abstrak, namun tetap memesona.

“Ini ialah salah satu destinasi kami yang punya sejarah panjang di negeri ini,” kata Eneng.

Lokasi titik nol km sekaligus menandai pembangunan jalan raya Pantura (Anyer-Panarukan) sepanjang 1.000 km yang sangat bersejarah. jalan raya Pantura dibangun pada zaman Hindia Belanda sat pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels.

Daendels sangat terkenal dalam sejarah pembangunan infrastruktur jalan di Pulau Jawa dan sistem kerja rodi. Dia merupakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36 yang berkuasa dari 1808 hingga 1811.

“Menara suar ini dibangun pertama kali untuk memantau pergerakan kapal-kapal yang melintas di Selat Sunda. Sekaligus sebagai penanda jikalau ada kapal yang akan melintasi perairan bahari Banten bab utara,” sambung Eneng.

Eneng juga mempromosikan destinasi wisata Banten yang tersebar di empat kabupaten dan empat kota di wilayahnya. Kata Eneng, wisata alam dapat ditemui di Pandeglang, Kab Lebak, Kab Serang. Sementara wisata religi dapat ditemui di Kota Serang dan Kota Tangerang.

Selain itu, Eneng juga mempromosikan Banten dengan 7 wonders-nya yang terdiri dari Cisadane, Kota Tangerang, Kota Lama, serta 22 Taman Tematik. Lalu Kota Serang dengan Banten Lama, Benteng Istiana, dan Vihara. Selanjutnya Anyer dengan Pulau Sangiang, Gunung Krakatau, Kampung Kakao, dan Wisata Cokelat.

Ada juga Carita di Kab. Pandegang, Curug atau air terjun, serta taman hutan rakyat. Tak ketinggalan, Tanjung Lesung, Taman Nasional Ujung Kulon, Suku Baduy, dan Sawarna yang mempunyai kearifan lokal.

“Silakan mengeksplorasi Banten dengan segala eksotikanya,” ajak Eneng.

Kini ada 3 PR besar yang sedang ditugaskan ke Provinsi Banten. Pertama, KEK Pariwisata Tanjung Lesung di Pandeglang, kemudian KSPN Tanjung Lesung yang mencakup 4 kecamatan dan 51 destinasi wisata. Kemudian ada KPN Labuan dan Carita Hadirnya GenPI di Banten pun dianggap sebagai sumbangan yang luar biasa. Menurut Eneng, GenPI kian mendorong aparatur pemerintah tempat dan swasta untuk bergerak lebih cepat dan melompat lebih tinggi lagi.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.