Ketika Bule Selandia Gres Kagumi Peta Wisata Indonesia

Posted on

George dan anak-anaknya (Toriq/detikTravel)

Auckland – Pulau Bali sangat populer di dunia, bahkan melebihi Indonesia. Lewat Festival Auckland-Indonesia, traveler diajak mengenal aneka destinasi anggun selain Pulau Dewata.

Bekerja sama dengan komunitas diaspora Indonesia dan KBRI Selandia Baru, Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan Festival Auckland-Indonesia keenam di Auckland, Selandia Baru, Sabtu (2/4/2016). Festival ini dihelat di Raye Freedman Arts Centre, Silver Road, Auckland.

Slogan Wonderful Indonesia dikedepankan dalam bazar ini. Kementerian Pariwisata menyediakan booth khusus yang menyediakan isu aneka macam tujuan pariwisata di Indonesia.

Ada 11 destinasi wisata utama yang dipromosikan, yaitu Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, Morotai, dan Raja Ampat. Ada peta Indonesia dengan highlight 10 destinasi wisata yang menjadi backdrop booth Wonderful Indonesia di bazar tersebut.


Peta wisata Indonesia dan info bebas visa (Toriq/detikTravel)

Khusus untuk Raja Ampat, dibentangkan satu backdrop lebar yang menggambarkan keindahan wilayah yang kerap dijuluki bagian ‘surga yang jatuh ke bumi’ itu. Meski mendorong 11 tujuan wisata, namun bukan berarti Bali tak lagi dipromosikan. Kemenpar tetap menjual Pulau Dewata sebagai pintu masuk untuk mengenal Indonesia.

“Salah satu menariknya event ini yakni kami memperlihatkan doorprize round trip PP Auckland-Bali. Kaprikornus ini untuk mereka paling tidak mengenal Bali dulu. Karena kami perlu informasikan Auckland itu tidak jauh loh dari Indonesia,” kata Kepala Bidang Festival Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Indonesia, Adella Raung, di lokasi acara.

Dubes Indonesia untuk Selandia Baru Jose Antonio Tavares mendukung aktivitas Kementerian Pariwisata mempromosikan tempat tujuan wisata lain selain Bali. Tavares menyampaikan penduduk Selandia Baru memang tak banyak, hanya sekitar 4,5 juta jiwa, namun 4 juta di antaranya yakni traveler.

“Meski jumlahnya sedikit, tapi turis Selandia Baru ini bukan backpacker. Mereka ini, ya dapat dibilang cukup berada. Mereka ini turis yang punya banyak uang. Tahun 2015 jumlah wisatawan Selandia Baru yang berkunjung ke Indonesia sudah lebih banyak sekitar 13 ribu dibanding tahun 2014 lalu. Saya berharap jumlahnya semakin bertambah tiap tahunnya,” ujar laki-laki asal NTT yang murah senyum ini.


Para pengunjung mencar ilmu membatik (Toriq/detikTravel)

Tahun 2015 lalu, Tavares menyampaikan ada 76 ribu turis Selandia Baru yang masuk ke Indonesia. Dia berharap tahun ini jumlah itu bertambah sampai menyentuh angka 90 ribu.

Salah seorang warga Auckland yang mengunjungi festival, Christine, mengaku gres tahu Indonesia yakni negara yang luas. Dia, dan seorang temannya selama ini mengaku hanya tahu Bali. Setelah tahu luasnya Indonesia dan ternyata banyak lokasi wisata lain, Christine berniat berkunjung ke Bali, kemudian ke Labuan Bajo, alasannya yakni ingin melihat Komodo.

“Ya, ya saya ingin mengunjungi Bali, mungkin tahun depan. Lalu mungkin saya ingin ke Labuan Bajo untuk melihat Dragon (komodo -red),” ujarnya.


Display masakan Indonesia (Toriq/detikTravel)

Nah, selain tempat wisata, Kementerian Pariwisata juga menjual Indonesia lewat kulinernya. Di Festival Auckland-Indonesia, ada dua booth yang menjual makanan. Kedua booth itu laku manis. Masakan Padang dan Sate Ayam jadi sajian paling diburu, baik oleh diaspora Indonesia ataupun bule Selandia Baru.

Salah seorang traveler Selandia Baru yang membawa serta empat anaknya, George, mengaku sangat kangen dengan masakan Padang. George pernah tinggal di Yogyakarta, anak keduanya bahkan lahir di Kota Gudeg itu, dan beliau sangat merindukan rasa masakan Padang yang populer pedas.

“Saya sangat ingin makan masakan Padang. Saya suka sekali,” ujar George.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.