Kenalan Sama Pramugari Di Kereta Wisata

Posted on

Dewi, Prami KA Wisata Prioritas (Kurnia/detikTravel)

Jakarta – Selama perjalanan naik KA Wisata Prioritas, traveler akan ditemani pramugari manis layaknya di pesawat. Yuk kenalan dengan salah satu pramugarinya.

Sudah coba Kereta Api (KA) Wisata yang baru? Dalam artian, keretanya sudah dapat dipesan perorangan bukan hanya grup charter, namanya juga lebih dikenal sebagai KA Wisata Priority. Untuk akomodasi di dalamnya sedikit berbeda pula dengan pemesanan charter.

BACA JUGA: Yang Terbaru, Tiket KA Wisata Bisa Dibeli Satuan

Nah, di perjalanan kereta wisata ini ada prami atau pramugari yang siap melayani. Untuk satu gerbong KA Wisata Priority dengan penumpang yang membeli tiket perorangan, ada seorang prami yang melayani. Namun jikalau charter, prami juga akan ditemani oleh seorang prama alias pramugara.

Prami untuk kereta wisata ini tidak sembarangan. Semua pilihan, yang memang sering melayani penumpang kelas VIP.

Mengantarkan welcome drink (Kurnia/detikTravel)Mengantarkan welcome drink (Kurnia/detikTravel)

“Petugasnya ini pilihan. Makara memang biasa melayani angkutan VIP atau VVIP,” ujar Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata Totok Suryono di sela perjalanan Media Gathering Kereta Wisata tujuan Jakarta-Yogyakarta dengan kereta Argo Dwipangga, Kamis (24/8/2017).

detikTravel pun sempat berbincang dengan prami KA Wisata Priority berjulukan Dewi. Wanita berusia 23 tahun ini tampak cantik, rapi dengan seragam berwarna biru renta dan rambut dicepol.

Sejak awal penumpang masuk ke gerbong kereta, ia bangkit di erat pintu masuk dan memberi salam. Selama kereta berjalan, Dewi pun terus melakukan tugasnya dengan baik.

“Melayani ya jikalau di kereta wisata. Makara kita greeting pas pertama kali masuk, habis itu perkenalan sama team leader. Habis itu pelayanan,” ujar Dewi.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Selama bertugas Dewi tak hanya menyapa penumpang tapi juga menunjukkan dan mengantarkan masakan utama, minuman, snack, begitu pula selimut dan headset. Ada sedikit perbedaan kiprah di kereta wisata dengan penumpang yang membeli tiket perorangan, dengan yang charter.

“Kalau ini kan perorangan kita full service (makanan diantar ke daerah duduk), tapi klo di rombongan kita biasanya makannya prasmanan jadi kita tinggal nyiapin,” tuturnya.

Jika ada penumpang yang ingin menambah snack, minuman ibarat kopi atau teh, Dewi juga akan melayani dengan sigap. Ia sendiri telah bekerja sebagai prami selama sekitar 2 tahun dan begitu menikmati pekerjaannya sehari-hari.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

“Suka ya ramai. Apalagi jikalau kenal rombongan yang ada anak kecilnya, ramai, ketemu orang banyak,” tuturnya.

Walaupun sering bekerja sampai dini hari di kereta dengan jadwal keberangkatan malam, menurutnya semua tetap dapat dijalani asal enjoy. Selama melayani penumpang juga stamina pun harus tetap fit. Untuk istirahat masih dapat dimaksimalkan dikala hari libur.

“Meskipun bawa kereta yang malam enjoy aja, nyaman,” pungkas perempuan berusia 23 tahun ini.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.