Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata Selama Asian Games Berlangsung

Posted on

Foto: Dok Kemenpar

Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ikut mendukung Asian Games 2018. Beberapa acara telah, sedang, dan akan dilakukan Kemenpar untuk mendukung pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Salah satunya Festival Guyub 2018 yang digelar di Palembang, Sabtu (4/8/2018). Festival tersebut berupa karnaval yang dimulai dari Kantor Walikota Palembang dan berakhir di salah satu destinasi paling top di Palembang, Benteng Kuto Besak.

Karnaval memang digelar untuk menyambut Api Asian Games yang tiba di Benteng Kuto Besak. Rangkaian karnaval ini mewakili tiap suku dan etnis yang ada di Indonesia. Semua dikonsep matang dengan desain baju, koreo tari, musik dan kelengkapan lainnya.


Dalam program puncak, Benteng Kuto Besak sangat meriah dengan latar belakang jembatan Ampera yang menawan. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Festival Guyub diselenggarakan sebagai atraksi sumbangan untuk memeriahkan kedatangan Obor Asian Games 2018, sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Kata Arief, Asian Games menjadi momen sempurna untuk menjual destinasi wisata. Untuk itu, Kemenpar telah menyiapkan 75 paket wisata dalam rangka membidik 170 ribu wisatawan mancanegara (wisman) ketika perhelatan ajang Asian Games 2018.

Sebanyak 75 paket wisata tersebut menyampaikan tujuh destinasi utama, yaitu Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali.

“Asian Games 2018 menjadi kesempatan untuk menggenjot jumlah kunjungan wisman tahun ini. Melihat potensinya yang demikian besar, kami optimistis jumlah sasaran wisman tahun ini tercapai,” ujar Arief dalam keterangannya, Minggu (5/8/2018).

Kemenpar menargetkan kunjungan wisman 170 ribu orang ketika perhelatan Asian Games berlangsung. Angka tersebut diurai dengan komposisi 10 ribu atlet, 5.000 ofisial, 5.000 media, dan 150 ribu penonton.

Berdasarkan data yang didapat dari INASGOC Department Ticketing, Asian Games 2018 akan diikuti 45 negara dengan 15 ribu atlet dan ofisial, serta 5.000 media. Perhelatan akbar itu juga akan melibatkan 30 ribu volunteer dan workforce, serta ditonton oleh 5 miliar penonton dari seluruh penjuru dunia. Asian Games diperkirakan akan mendatangkan 150 ribu wisman.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana mengungkapkan, Indonesia sudah melaksanakan persiapan besar-besaran sebagai tuan rumah.

“Ada ratusan paket wisata. 70 Persennya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018, yakni Palembang, Jakarta, Jawa Barat, serta Banten. Oleh alasannya ialah itu, Palembang harus siap sedia mendapatkan tamu-tamu kita,” kata Pitana.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani juga sudah mengkonfirmasi bahwa Palembang akan memanfaatkan Asian Games untuk menjaring wisatawan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan mempersiapkan tujuh paket dengan nama Asian Games 2018 Tour Packages.

“Kami bersyukur reaksinya juga sangat luar biasa. Hotel dan semua perangkat terkait pariwisata di Asian Games lebih banyak didominasi sudah penuh. Ini prestise bagi Palembang dan wajah Indonesia di mata dunia. Semoga semua industri pariwisata terhubung dengan baik di semua lini biar wisatawan puas ketika menentukan paket,” kata Isnaini.


Paket-paket wisata Sumsel yang terkoneksi ke kawasan lain, antara lain Jakarta Tour, West Java Tour, Jakarta and West Java Tour, South Sumatera and Beyond, Central Java and Yogyakarta, Banyuwangi Tour, dan Bali Tour.

“Semuanya terkoneksi dari Sumatera Selatan, dan industri juga sudah saling menciptakan paket ini. Semoga ini akan menambah daya tarik Asian Games di negara kita,” kata Isnaini.

Kemenpar bahkan sudah gencar melaksanakan promosi di dunia internasional. Salah satunya dengan cara memasang display logo Asian Games 2018 di setiap acara promosi pariwisata internasional.

“Logo Asian Games selalu kita tempatkan di backdrop kegiatan-kegiatan di pasar utama kita. Hal ini bertujuan untuk membangun awareness masyarakat internasional terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.