Kemenpar Siap Dorong Penerbangan Pribadi Vietnam-Indonesia

Posted on


Jakarta – Rencana Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) terus digenjot. Salah satunya dengan membuka rute penerbangan pribadi dari Vietnam ke Indonesia.

“Saya sudah bertemu dengan dua pemilik maskapai, yakni Vietnam Airlines dan VietJet Air. Semua setuju akan melaksanakan penerbangan pribadi ke Indonesia alasannya yaitu memang ketika ini urusan air connectivity di Vietnam menuju Indonesia yaitu hambatan paling utama,” ujar Duta Besar Republik Indonesia Ibnu Hadi di Hanoi, Vietnam dalam program Vietnam International Travel Mart 2017 (VITM 2017), Minggu (2/4/2017).

Ibnu menyampaikan progres berjalan sesuai rencana. Saat ini, VietJet tinggal mencari rekan bisnis di Tanah Air untuk menciptakan paket dan bentuk kolaborasi ideal.

“Kalau Vietnam Airlines tentu mereka yaitu perusahaan negara di Vietnam, progres sudah dibahas di internal mereka. Intinya, Indonesia harus semakin terbuka untuk dikunjungi wisatawan Vietnam,” kata Ibnu.

Ibnu menambahkan, pertumbuhan ekonomi di Vietnam sangat baik. Di tahun 2017, pertumbuhan ekonomi mencapai 6,8%, sedangkan tahun kemudian pertumbuhannya 6,%.

“Jadi mereka siap membelanjakan uangnya di negara kita. Cara efektif untuk mengangkat perekonomian bangsa ketika ini yaitu pariwisata. Seperti apa yang diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya,” tukas Ibnu.

Saat ini, Vietnam Airlines hanya menyediakan penerbangan dari Ho Chi Min City ke Jakarta dengan jumlah satu kali penerbangan per hari. “Semoga bangku penerbangan semakin bertambah dari Hanoi ke Jakarta maupun Hanoi ke Bali alasannya yaitu semakin banyak bangku masuk, semakin banyak wisman yang tiba ke Indonesia dan perekonomian kita juga makin membaik,” tambahnya.

Kemenpar turut membantu Indonesia dalam ajang VITM 2017 dengan menyediakan booth yang megah dan membangun paviliun seluas 54 m2 (6 booth) dengan mengangkat tema 10 destinasi prioritas .

Paviliun Indonesia memamerkan 12 industri pariwisata Indonesia dan pemerintah tempat yaitu. Di antaranya dari Bali, Yogyakarta, Jakarta, Dinas Pariwisata Yogyakarta, dan distributor lokal Vietnam yang menjual paket wisata ke Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan,penerbangan pribadi yang termasuk aspek air connectivity yaitu hal yang paling penting untuk pariwisata Indonesia. Arief Yahya menegaskan, para pelaku industri harus berpegangan pada aspek go digital, air connectivity, dan homestay desa wisata demi mempromosikan 3 greaters (Bali, Jakarta, Kepri), 10 top branding, dan 10 top destinasi sebagai Bali Baru.


Sumber detik.com

Prambanan Trans bergerak dibidang Jasa Transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. Berdiri sejak 2007 kami memiliki visi untuk menyediakan sewa mobil dengan Excellent Service untuk mewujudkan misi kami menjadi perusahaan Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta.
Untuk mewujudkan misi kami menjadi Sewa Mobil Terbaik dan Terpercaya di Yogyakarta, kami memiliki Tim yang terbaik. Staff Management yang profesional serta layanan pelanggan yang ramah siap melayani anda.
Prambanan Trans memiliki driver yang sudah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, keterampilan mengemudi handal, ramah, mengusai rute perjalanan dan memiliki wawasan pariwisata.